Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Peran Pancasila dalam Keberagaman Bangsa

Kompas.com - Diperbarui 02/01/2022, 19:32 WIB
Silmi Nurul Utami,
Nibras Nada Nailufar

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Indonesia merupakan negara kepulauan yang sangat luas dengan berbagai suku bangsa, budaya, agama, ras, kebiasaan, dan golongan masyarakat. Pancasila berperan mempersatukan keberagaman tersebut dan membentuk Bhineka Tunggal Ika.

Berikut adalah peranan pancasila dalam keberagaman bangsa sebagai pembentuk Bhinneka Tunggal Ika.

Peran Pancasila dalam Menciptakan Kebhinekaan

Pancasila merupakan dasar negara Indonesia yang terdriri atas lima ideologi dasar. Peran Pancasila dalam keberagaman bangsa adalah mewujudkan Bhinneka Tunggal Ika yang berarti berbeda-beda tetapi tetap satu.

Dilansir dari website resmi Pemerintah Provinsi Jawa Barat, Pancasila mempersatukan perbedaan suku, ras, etnis, agama, budaya, dan geografis dalam satu titik dan mebangun kebhinekaan pada setiap silanya. Sehingga seluruh keberagaman dan perbedaan dipersatukan oleh Pancasila sebagai dasar negara.

Baca juga: Arti Bhinneka Tunggal Ika, Mata Pelajaran Siswa SMP

Pancasila sebagai dasar negara memberikan pedoman bagi masyarakat yang beragam untuk berperilaku dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara. Pancasila merupakan pandangan hidup yang jelas bagi masyarakat tidak peduli apapun agama, ras, budaya, maupun status sosialnya.

Pancasila dengan nilai-nilai luhurnya merupakan pedoman dasar hidup dalam berperilaku terutama pada jaman modern ini saat ilmu pengetahuan berkembang pesat.

Pancasila memberikan rambu-rambu pada masyarakat dalam berperilaku serta mengambil keputusan disaat budaya luar negeri masuk ke Indonesia.

Walau suku, agama, ras, bahasa, dan budaya kita berbeda, kita tetaplah masyarakat Indonesia yang dipersatukan oleh Pancasila. Visi dan misi kita sama yaitu membangun dan mempertahankan kedaulatan Indonesia.

Dengan adanya pedoman dan rambu-rambu tersebut, masyarakat Indonesia dapat menyikapi kemajuan jaman dengan baik dan mempertahankan kesatuan serta persatuan bangsa.

Adanya Pancasila membuat kita dapat mengambil pengaruh baik dari globalisasi dan menghindari pengaruh buruknya. Sehingga Indonesia siap menghadapi kemajuan jaman tanpa adanya perpecahbelahan masyarakat.

Baca juga: Keberagaman dalam Bingkai Bhinneka Tunggal Ika

Pancasila mempersatukan keberagaman di Indonesia dengan memberikan pandangan hidup, nilai-nilai luhur, pedoman hidup, norma, hukum, aturan dalam berperilaku yang sama.

Sehingga keberagaman tersebut bukanlah perbedaan yang membatasi kita, melainkan hal yang saling melengkapi dalam persatuan, kesatuan, dan kemajuan Bangsa Indonesia.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com