Kompas.com - 04/03/2021, 11:50 WIB
Tinggi dan jari-jari pada kerucut Kompas.com/SILMI NURUL UTAMITinggi dan jari-jari pada kerucut

KOMPAS.com - Bangun ruang adalah gabungan-gabungan dari beberapa bentuk bangun datar yang membentuk bangun tiga dimensi. Bangun tiga dimensi memiliki sisi-sisi yang membatasinya.

Salah satu bentuk bangun ruang yang banyak ditemui dalam kehidupan sehari-hari adalah kerucut. Kerucut adalah bangun ruang yang memiliki permukaan datar dengan selimut yang melengkung dan meruncing ke atas, bagian runcing pada kerucut ini disebut sebagai puncak.

Dilansir dari Splash Learn, ada tiga komponen utama pada kerucut yaitu memiliki alas yang melingkar, tidak memiliki sudut, dan hanya memiliki satu titik yaitu pada puncaknya.

Jaring-jaring kerucut terdiri dari lingkaran dan segitiga. Kerucut hanya memiliki satu rusuk lengkung sehingga tidak memiliki rumus titik sudut. Rumus untuk menghitung volume kerucut adalah:

V = 1/3 × luas alas × tinggi

 

Luas alas pada kerucut dapat dihitung dengan menggunakan rumus luas lingkaran yaitu:

L = π × r²

Dengan, 
π = konstanta pada lingkaran dengan nilai 22/7 atau 3,14
r = jari-jari lingkaran

Sehingga rumus volume lingkaran adalah:

V = 1/3 × π × r² × tinggi

Baca juga: Cara Menghitung Luas Permukaan Kerucut

Halaman:

Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X