Kompas.com - 24/09/2021, 16:00 WIB
Ilustrasi bersama teman dengan keterampilan yang sama KOMPAS.com/Gischa PrameswariIlustrasi bersama teman dengan keterampilan yang sama

KOMPAS.com - Berteman dengan seseorang yang memiliki keterampilan sama dapat membawa manfaat bagi diri kita sendiri dan juga orang lain. Salah satunya keterampilan kita semakin terasah atau berkembang.

Dikutip dari buku Pengembangan Anak Sejak Pembuahan Sampai dengan Kanak-kanak Akhir (2012) karya Christiana Hari Soetjiningsih, menjalin pertemanan merupakan kesempatan luar biasa untuk mempelajari keterampilan sosial, berkomunikasi, bekerja sama, serta memecahkan masalah.

Bisa dikatakan berteman atau memiliki teman membawa banyak manfaat atau dampak positif. Contohnya melatih manusia untuk berkomunikasi, mengasah keterampilan sosial, dan belajar bekerja sama.

Baca juga: Berbagai Kegiatan Disaat Menunggu Teman

Manfaat memiliki keterampilan yang sama

Terkadang dalam menjalin pertemanan kita bertemu dengan teman yang mempunyai keterampilan sama. Contohnya memiliki keterampilan menggambar, bermain musik, main basket, menari, menyanyi, dan masih banyak lagi.

Apa manfaat dari memiliki teman dengan keterampilan yang sama?

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Menurut Bukik Setiawan dan Andrie Firdaus dalam buku Bakat Bukan Takdir (2016), manfaat dari memiliki teman dengan keterampilan yang sama adalah bisa berbagi perasaan dan belajar bersama untuk mengasah keterampilan.

Sebagai contoh Adi dan Budi sama-sama memiliki keterampilan menggambar. Mereka berdua saling berteman satu sama lain dan belajar menggambar bersama.

Ketika Adi merasa tidak percaya diri dengan hasil gambarnya, Budi memberi semangat kepada Adi agar terus mau menggambar. Begitu pula sebaliknya.

Berdasarkan contoh di atas, kita bisa melihat bahwa memiliki teman dengan keterampilan yang sama, membuat kita lebih akrab, lebih mengerti perasaan teman, serta mau berlatih atau mengasah keterampilan bersama.

Baca juga: Bagaimana Cara Kita Membantu Teman yang Tidak Memiliki Mainan?

Selain itu, antarteman juga bisa saling memberi masukan satu sama lain, dan banyak belajar bersama. Sehingga hal ini menjadi motivasi untuk terus mengembangkan keterampilan.

Jika dirangkum, ada tiga manfaat memiliki teman dengan keterampilan yang sama, yakni:

  1. Bisa mengasah keterampilan yang sama.
  2. Saling berbagi keluh kesah, perasaan sedih, senang, dan lainnya.
  3. Saling memotivasi satu sama lain.
Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.