Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tujuan VLAN, Fungsi, Jenis, dan Cara Kerja

Kompas.com - 20/09/2021, 12:00 WIB
Silmi Nurul Utami,
Serafica Gischa

Tim Redaksi

KOMPAS.com – Virtual Area Network atau VLAN adalah jaringan komputer yang menghubungkan satu atau lebih komputer seolah-olah membentuk Local Area Network (LAN).

Dilansir dari Intelligent Technologies Incorporated, VLAN memisahkan jaringan fisik yang ada menjadi jaringan logis tanpa kabel (virtual) dan membuat domain siarannya sendiri.

VLAN bertujuan untuk membagi jaringan fisik menjadi beberapa domain siaran. Sehingga dapat meningkatkan kinerja jaringan, menghubungkan beberapa jenis LAN, dan juga membuat keamanan jaringan.

Fungsi Virtual Local Area Network (VLAN)

Beberapa fungsi dari VLAN adalah:

  • Meningkatkan kinerja jaringan

VLAN berfungsi meningkatkan kinerja jaringan dengan cara meningkatkan efisiensi lalu lintas data. Disadur dari Computer Science & Engineering Washington University, VLAN dapat mengurangi pengiriman data ke tujuan yang tidak perlu.

Hal tersebut secara otomatis mengurangi siaran dan hanya mengirimkan data ke alamat yang diperlukan saja. Sehingga menghemat waktu dan menghindari penumpukan data.

Baca juga: Jenis-Jenis Jaringan Komputer

  • Meningkatkan performa atau bandwidth

Berdasarkan situs How Stuff Works, VLAN berfungsi mengurangi jumlah lompatan router dan meningkatkan bandwidth yang terlihat bagi pengguna jaringan. Penggunaan VLAN dengan mudah bisa memperluas bandwidth maupun merelokasi jaringan.

  • Meningkatkan keamanan jaringan

VLAN membatasi komputer mana saja yang bisa saling bertukar informasi dan memblokir komputer luar yang mencoba masuk ke dalam jaringan. Jaringan VLAN mengatur alamat mana saja yang boleh mendapatkan siaran data, sehingga dapat meningkatkan keamanan jaringan.

  • Mempermudah administrasi

VLAN memiliki server terpusat yang mengontrol seluruh penggunanya dan dikontrol oleh administrator. Administrator memiliki daftar akses siaran, sehingga dapat mengontrol lalu lintas data VLAN.

Daftar akses tersebut dapat diubah-ubah secara virtual tanpa harus merelokasi kabel sehingga dapat mempermudah administrasi.

Jenis Virtual Local Area Network (VLAN)

Secara umum, ada lima jenis VLAN yaitu:

  1. Default VLAN
  2. Data VLAN
  3. Native VLAN
  4. Voice VLAN
  5. Management VLAN

Baca juga: Jenis-Jenis Perangkat Penyimpanan di Sistem Komputer

Cara kerja Virtual Local Area Network (VLAN)

Dalam suatu jaringan, VLAN membagi komputer menjadi beberapa jaringan yang lebih kecil. Beberapa komputer dihubungkan menjadi VLAN, di dalamnya mereka akan saling bertukar informasi secara bebas.

Tetapi komputer lain tidak bisa melihat data dalam VLAN tersebut, walaupun mereka berada dalam satu jaringan.

Masing-masing VLAN memiliki satu saklar dan VLAN dapat berkomunikasi satu sama lain dengan menghubungkannya ke dalam satu router.

Namun, satu saklar juga bisa memiliki lebih dari satu VLAN. Dilansir dari TechTarget, VLAN dalam satu saklar tersebut dapat saling berkomunikasi dengan konfigurasi trunk atau trunking.

Konfigurasi trunk merupakan protocol pengiriman data dari suatu VLAN ke VLAn lain melalui switch dan router. Konfigurasi trunk membuat VLAN dalam satu saklar menjadi seolah-olah memiliki empart port saklar yang berbeda.

Baca juga: Langkah-Langkah Sebelum Menginstal Komputer

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com