Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Apa Manfaat Jam dalam Kehidupan Sehari-hari?

Kompas.com - 20/09/2021, 11:00 WIB
Silmi Nurul Utami,
Serafica Gischa

Tim Redaksi

KOMPAS.com – Jam merupakan suatu alat yang penting dalam kehidupan manusia. Perkembangan jam dimulai dengan jam matahari, jam lilin, jam pasir, jam air, hingga penemuan jam mekanik pertama pada 1656 oleh seorang berna Christian Huygens.

Dilansir dari Encyclopedia Britannica, jam adalah perangkat mesin yang melakukan gerakan teratur dalam interval waktu yang sama terkait mekanisme penghitungan yang mencatat jumlah gerkan.

Manfaat jam dalam kehidupan 

Kehadiran jam memberikan manfat dalam kehidupan sehari-hari manusia. Berikut contoh jawaban materi tematik kelas 6 tema 3 mengenai manfaat jam dalam kehidupan sehari-hari, yakni:

  • Penunjuk waktu

Manfaat jam yang pertama adalah sebagai penunjuk waktu. Jam membantu manusia mengetahui waktu sehingga dapat menjalankan aktivitasnya dengan efektif. Jam menunjukkan waktu dengan konsisten juga mudah dibaca misalnya jam 1, jam 2, jam 3, dan sebagainya.

  • Konsistensi waktu

Dengan adanya jam, manusia bisa mengetahui waktu dengan konsistensi yang sama di seluruh dunia. Misalnya, waktu satu jam di Indonesia adalah 60 menit maka waktu satu jam di Inggris juga 60 menit.

Dikutip dari Thought Co, sistem waktu basis-60 yaitu satu jam 60 menit dan satu jmenit 60 detik berasal dari 2.000 tahun sebelum masehi di Sumeria Kuno. Hal tersebut menyamakan preferensi waktu untuk semua orang di dunia, menjadikan waktu sebagai standar nyata yang baku.

Baca juga: Perbedaan Waktu Indonesia: WIB, WITA dan WIT

  • Pengingat waktu

Jam juga bermanfaat sebagai pengingat waktu. Manusia sering kali lupa, jam membantu manusia untuk mengingatkan waktu dalam melakukan suatu kegiatan.

Misalnya alarm yang mengingatkan pergi sekolah jam 7, pergi kerja jam 8, 50 menit untuk mengukus kue, 3 jam untuk belajar, 8 jam untuk tidur, dan sebagainya.

  • Mengukur waktu

Manfaat selanjutnya dari jam adalah mengukur waktu. Dengan menggunakan jam kita mengetahui sebanyak apa waktu yang diperlukan untuk melakukan sesuatu.

Dengan pengukuran waktu, kita juga bisa mengetahui kecepatan, percepatan, dan juga masalah mekanis lainnya.

Dilansir dari Scientific American, pencacatan waktu memecahkan masalah kritis dalam menemukan posisi kapal di laut dan memainkan peran kunci dalam revolusi industri dan kemajuan peradaban barat.

Baca juga: Apakah Waktu di Indonesia dan Thailand Berbeda?

  • Membantu pembentukan sikap disiplin dan tanggung jawab

Sebagai alat yang menunjukkan dan mengingatkan waktu, jam membantu pembentukan sikap disiplin. Misalnya seseorang memiliki tugas yang harus diselesaikan pukul 2 siang, adapaun saat ini jam menunjukkan pukul 9 pagi.

Orang tersebut kemudian akan mengerjakan tugas sesuai dengan waktu yang ditentukan. Namun, jika tidak ada penentuan waktu dikumpulkannya tugas, orang cenderung menunda-nunda pekerjaan karena rasa malas atau kurangnya tanggung jawab.

Ketika waktu semakin sempit, orang tersebut akan mengerjakan tugas dengan fokus. Namun jika melewati waktu dan tugas tidak selesai, maka ia akan merasa gagal melakukan tanggung jawabnya. Sehingga, jam bisa membantu manusia untuk mengembangkan sikap disiplin dan juga tanggung jawab.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com