Kompas.com - 20/09/2021, 11:00 WIB
Ilustrasi manfaat jam dalam kehidupan sehari-hari freepik.com/pikisuperstarIlustrasi manfaat jam dalam kehidupan sehari-hari

KOMPAS.com – Jam merupakan suatu alat yang penting dalam kehidupan manusia. Perkembangan jam dimulai dengan jam matahari, jam lilin, jam pasir, jam air, hingga penemuan jam mekanik pertama pada 1656 oleh seorang berna Christian Huygens.

Dilansir dari Encyclopedia Britannica, jam adalah perangkat mesin yang melakukan gerakan teratur dalam interval waktu yang sama terkait mekanisme penghitungan yang mencatat jumlah gerkan.

Manfaat jam dalam kehidupan 

Kehadiran jam memberikan manfat dalam kehidupan sehari-hari manusia. Berikut contoh jawaban materi tematik kelas 6 tema 3 mengenai manfaat jam dalam kehidupan sehari-hari, yakni:

  • Penunjuk waktu

Manfaat jam yang pertama adalah sebagai penunjuk waktu. Jam membantu manusia mengetahui waktu sehingga dapat menjalankan aktivitasnya dengan efektif. Jam menunjukkan waktu dengan konsisten juga mudah dibaca misalnya jam 1, jam 2, jam 3, dan sebagainya.

  • Konsistensi waktu

Dengan adanya jam, manusia bisa mengetahui waktu dengan konsistensi yang sama di seluruh dunia. Misalnya, waktu satu jam di Indonesia adalah 60 menit maka waktu satu jam di Inggris juga 60 menit.

Dikutip dari Thought Co, sistem waktu basis-60 yaitu satu jam 60 menit dan satu jmenit 60 detik berasal dari 2.000 tahun sebelum masehi di Sumeria Kuno. Hal tersebut menyamakan preferensi waktu untuk semua orang di dunia, menjadikan waktu sebagai standar nyata yang baku.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Baca juga: Perbedaan Waktu Indonesia: WIB, WITA dan WIT

  • Pengingat waktu

Jam juga bermanfaat sebagai pengingat waktu. Manusia sering kali lupa, jam membantu manusia untuk mengingatkan waktu dalam melakukan suatu kegiatan.

Misalnya alarm yang mengingatkan pergi sekolah jam 7, pergi kerja jam 8, 50 menit untuk mengukus kue, 3 jam untuk belajar, 8 jam untuk tidur, dan sebagainya.

  • Mengukur waktu

Manfaat selanjutnya dari jam adalah mengukur waktu. Dengan menggunakan jam kita mengetahui sebanyak apa waktu yang diperlukan untuk melakukan sesuatu.

Dengan pengukuran waktu, kita juga bisa mengetahui kecepatan, percepatan, dan juga masalah mekanis lainnya.

Dilansir dari Scientific American, pencacatan waktu memecahkan masalah kritis dalam menemukan posisi kapal di laut dan memainkan peran kunci dalam revolusi industri dan kemajuan peradaban barat.

Baca juga: Apakah Waktu di Indonesia dan Thailand Berbeda?

  • Membantu pembentukan sikap disiplin dan tanggung jawab

Sebagai alat yang menunjukkan dan mengingatkan waktu, jam membantu pembentukan sikap disiplin. Misalnya seseorang memiliki tugas yang harus diselesaikan pukul 2 siang, adapaun saat ini jam menunjukkan pukul 9 pagi.

Orang tersebut kemudian akan mengerjakan tugas sesuai dengan waktu yang ditentukan. Namun, jika tidak ada penentuan waktu dikumpulkannya tugas, orang cenderung menunda-nunda pekerjaan karena rasa malas atau kurangnya tanggung jawab.

Ketika waktu semakin sempit, orang tersebut akan mengerjakan tugas dengan fokus. Namun jika melewati waktu dan tugas tidak selesai, maka ia akan merasa gagal melakukan tanggung jawabnya. Sehingga, jam bisa membantu manusia untuk mengembangkan sikap disiplin dan juga tanggung jawab.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.