Kompas.com - 17/09/2021, 15:30 WIB
Ilustrasi kapal di dermaga Labuan Bajo Shutterstock/Yusnizam YusofIlustrasi kapal di dermaga Labuan Bajo

KOMPAS.com - Indonesia sebagai negara kepulauan mempunyai letak dan kondisi geografis yang strategis. Tentunya hal ini membawa dampak bagi kehidupan masyarakat Indonesia, khususnya dalam bidang transportasi.

Menurut Endang Suasaningdyah dalam jurnal Peningkatan Nilai Peserta Didik Mata Pelajaran IPS Topik Bermain Layang-Layang melalui Pembelajaran Kontekstual (2017), letak geografis Indonesia berada di antara Samudra Pasifik dan Samudra Hindia, serta Benua Asia dan Benua Australia.

Letak geografis ini menjadikan Indonesia sebagai negara kepulauan terletak di jalur strategis. Letak geografis Indonesia sebagai negara kepulauan tentu memberikan dampak positif maupun negatif terhadap transportasi masyarakat. Berikut penjelasannya:

Dampak positif

Bidang transportasi di Indonesia mendapat dampak positif dari kondisi geografis Indonesia sebagai negara kepulauan. Dampak positif ini tentunya membantu masyarakat menjalankan aktivitasnya.

Baca juga: Pengaruh Geografis Indonesia sebagai Negara Maritim

Berikut dampak positif kondisi geografis Indonesia sebagai negara kepulauan terhadap transportasi masyarakat, dilansir dari situs Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

  • Untuk bisa berpindah tempat antar pulau, dibangunlah sarana dan prasarana transportasi

Indonesia merupakan negara kepulauan yang dipisahkan lautan. Untuk bisa menjangkau pulau yang satu dengan yang lain, diperlukan sarana dan prasana transportasi yang memadai.

Maka dari itu dikembangkanlah transportasi canggih serta fasilitasnya yang memudahkan masyarakat untuk bepergian. Contohnya trasportasi udara dengan bandara, serta kapal laut dengan pelabuhan.

  • Transportasi makin canggih

Dampak positif lainnya adalah dibangun dan dikembangkannya transportasi canggih. Contohnya industri pesawat serta perkapalan.

Kedua industri transportasi ini membantu masyarakat bepergian dan mengirimkan kebutuhan pokok ke berbagai pulau di Indonesia.

Dampak negatif

Walau memberi sejumlah dampak positif, ternyata kondisi geografis Indonesia sebagai negara kepulauan juga menimbulkan dampak negatif terhadap transportasi. Berikut dampak negatif kondisi geografi Indonesia sebagai negara kepulauan terhadap transporasi masyarakat, yakni:

  • Biaya transportasi yang cukup mahal

Transportasi membantu manusia untuk bepergian dan mengirimkan barang ke pulau lainnya di Indonesia. Namun, terkadang untuk bisa menggunakan jasa transportasi ini, masyarakat harus mengeluarkan biaya yang cukup mahal.

Baca juga: Peran Indonesia sebagai Jalur Rempah Sejak Masa Prakolonial

  • Adanya ketimpangan

Dampak negatif lainnya adalah ketimpangan dalam hal ekonomi. Hal ini juga termasuk beberapa pulau besar yang jauh lebih maju perekonomian dan pembangunannya dibanding pulau lain.

Contohnya harga kebutuhan barang di Papua jauh lebih mahal dibanding Pulau Jawa. Selain itu, persebaran barang atau kebutuhan pokok terkadang juga tidak merata.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.


Sumber Kemdikbud
Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.