Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Identifikasi 5 Kekhasan Benua Asia

Kompas.com - 20/09/2021, 11:30 WIB
Silmi Nurul Utami,
Serafica Gischa

Tim Redaksi

KOMPAS.com – Ada tujuh buah benua di dunia yaitu Asia, Amerika Utara, Amerika Selatan, Afrika, Australia, Antartika, dan juga Eropa. Masing-masing benua memiliki kekhasannya sendiri, termasuk Benua Asia

Berikut identifikasi lima kekhasan yang dimiliki Benua Asia, yaitu: 

  • Benua terbesar di dunia

Dilansir dari National Geographic, Asia merupakan benua terbesar di dunia, meliputi 30 persen dari luas daratan di bumi. Benua Asia memiliki luas sekitar 44,58 juta kilometer persegi, atau sekitar 4,38 kali lebih besar dibanding Benua Eropa.

Karena menyumbang 30 persen total daratan bumi, Asia memiliki bentang alam yang sangat bergam. Di mulai pegunungan, gunung, puncak tertinggi di dunia, dataran tinggi, gurun, stepa, ekosistem air tawar, hingga ekosistem air asin.

Benua Asia dibagi lagi menjadi lima wilayah utama yaitu Asia Tenggara, Asia Timur, Asia Tengah, Asia Barat, dan Asia Selatan. Di mana ke-lima wilayah tersebut terdiri dari beberapa negara.

Baca juga: Daftar Puncak Gunung Tertinggi di Asia

  • Kota Shanghaifreepik.com/ evening_tao Kota Shanghai
    Benua dengan populasi terbanyak di dunia

Selain sebagai benua terbesar di dunia, Asia juga menduduki peringkat pertama benua dengan populasi terbanyak di dunia. Disadur dari Worldometer, pada Sepetember 2021 Asia memiliki jumlah penduduk sebanayak 4,688 miliar jiwa atau setara dengan 59,76 persen dari total populasi dunia.

Artinya, lebih dari setengah manusia di dunia hidup di asia dan kurang dari setengah lainnya tersebar di 6 benua lain. Hal tersebut membuat Asia menjadi benua terpadat dengan kepadatan penduduk sekitar 150 jiwa per kilometer persegi.

Kebanyakan dari mereka hidup di kota-kota besar. Kota-kota di Asia dengan populasi penduduk terpadat adalah Shanghai, Istanbul, Mumbai, Beijing, Karachi, Tiajin, Guangzhou, Delhi, Shenzen, Dhaka, Seoul, Wuhan, Jakarta, dan juga Tokyo.

  • Benua dengan iklim yang beragam

Benua Asia adalah benua dengan iklim yang sangat beragam. Misalnya iklim tropis di Asia Selatan dan Asia Tenggara, iklim subtropis di Asia Timur, iklim mediterania di Asia Barat, iklim taiga dan tundra di Siberia, serta iklim gurun di Gurun Gobi dan Tibet Plateau.

Baca juga: Wilayah Asia Tenggara: Mainland dan Insular

  • Ilustrasi keragaman agamafreepik.com/macrovector Ilustrasi keragaman agama
    Tempat berkembangnya agama-agama besar

Berdasarkan situs Encyclopedia Britannica, Asia merupakan tempat kelahiran agama-agam besar di dunia dan ratusan agama kecil. Hal tersebut karena Asia memiliki daratan yang sangat besar, budaya yang beragam, dan juga letak geografis yang strategis.

Contoh agama besar yang berkembang di Asia adalah Buddha dan Hindu yang berasal dari India, Kristen dan Katolik yang berasal dari Yerusalem, Kong Hu Chu yang berasal dari Tiongkok, dan juga Islam yang berasal dari Arab Saudi.

  • Keragaman ras dan suku bangsa

Dilansir dari Acia pacific Institute on Gender-Based Violence, benua Asia memiliki lebih dari 40 negara da nada lebih banyak etnis atau suku bangsa dan ras penduduknya. Benua Asia memiliki penduduk dengan berbagai macam ras seperti ras Mongolia, Melanesia, Kaukasia, Negro, dan juga Kaukasia-Negro.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com