Kompas.com - 20/09/2021, 11:30 WIB
Peta Benua Asia freepik.comPeta Benua Asia
Daftar Isi
Buka

    KOMPAS.com – Ada tujuh buah benua di dunia yaitu Asia, Amerika Utara, Amerika Selatan, Afrika, Australia, Antartika, dan juga Eropa. Masing-masing benua memiliki kekhasannya sendiri, termasuk Benua Asia

    Berikut identifikasi lima kekhasan yang dimiliki Benua Asia, yaitu: 

    • Benua terbesar di dunia

    Dilansir dari National Geographic, Asia merupakan benua terbesar di dunia, meliputi 30 persen dari luas daratan di bumi. Benua Asia memiliki luas sekitar 44,58 juta kilometer persegi, atau sekitar 4,38 kali lebih besar dibanding Benua Eropa.

    Karena menyumbang 30 persen total daratan bumi, Asia memiliki bentang alam yang sangat bergam. Di mulai pegunungan, gunung, puncak tertinggi di dunia, dataran tinggi, gurun, stepa, ekosistem air tawar, hingga ekosistem air asin.

    Benua Asia dibagi lagi menjadi lima wilayah utama yaitu Asia Tenggara, Asia Timur, Asia Tengah, Asia Barat, dan Asia Selatan. Di mana ke-lima wilayah tersebut terdiri dari beberapa negara.

    Baca juga: Daftar Puncak Gunung Tertinggi di Asia

    Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
    Daftarkan email

    • Kota Shanghaifreepik.com/ evening_tao Kota Shanghai
      Benua dengan populasi terbanyak di dunia

    Selain sebagai benua terbesar di dunia, Asia juga menduduki peringkat pertama benua dengan populasi terbanyak di dunia. Disadur dari Worldometer, pada Sepetember 2021 Asia memiliki jumlah penduduk sebanayak 4,688 miliar jiwa atau setara dengan 59,76 persen dari total populasi dunia.

    Artinya, lebih dari setengah manusia di dunia hidup di asia dan kurang dari setengah lainnya tersebar di 6 benua lain. Hal tersebut membuat Asia menjadi benua terpadat dengan kepadatan penduduk sekitar 150 jiwa per kilometer persegi.

    Kebanyakan dari mereka hidup di kota-kota besar. Kota-kota di Asia dengan populasi penduduk terpadat adalah Shanghai, Istanbul, Mumbai, Beijing, Karachi, Tiajin, Guangzhou, Delhi, Shenzen, Dhaka, Seoul, Wuhan, Jakarta, dan juga Tokyo.

    • Benua dengan iklim yang beragam

    Benua Asia adalah benua dengan iklim yang sangat beragam. Misalnya iklim tropis di Asia Selatan dan Asia Tenggara, iklim subtropis di Asia Timur, iklim mediterania di Asia Barat, iklim taiga dan tundra di Siberia, serta iklim gurun di Gurun Gobi dan Tibet Plateau.

    Baca juga: Wilayah Asia Tenggara: Mainland dan Insular

    • Ilustrasi keragaman agamafreepik.com/macrovector Ilustrasi keragaman agama
      Tempat berkembangnya agama-agama besar

    Berdasarkan situs Encyclopedia Britannica, Asia merupakan tempat kelahiran agama-agam besar di dunia dan ratusan agama kecil. Hal tersebut karena Asia memiliki daratan yang sangat besar, budaya yang beragam, dan juga letak geografis yang strategis.

    Contoh agama besar yang berkembang di Asia adalah Buddha dan Hindu yang berasal dari India, Kristen dan Katolik yang berasal dari Yerusalem, Kong Hu Chu yang berasal dari Tiongkok, dan juga Islam yang berasal dari Arab Saudi.

    • Keragaman ras dan suku bangsa

    Dilansir dari Acia pacific Institute on Gender-Based Violence, benua Asia memiliki lebih dari 40 negara da nada lebih banyak etnis atau suku bangsa dan ras penduduknya. Benua Asia memiliki penduduk dengan berbagai macam ras seperti ras Mongolia, Melanesia, Kaukasia, Negro, dan juga Kaukasia-Negro.

    Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.


    26th

    Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

    Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

    Syarat & Ketentuan
    Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
    Laporkan Komentar
    Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
    komentar
    Close Ads X
    Lengkapi Profil
    Lengkapi Profil

    Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.