Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Daftar Puncak Gunung Tertinggi di Asia

Kompas.com - 23/04/2021, 13:03 WIB
Silmi Nurul Utami,
Serafica Gischa

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Mendaki gunung hingga ke puncak adalah suatu hal istimewa yang sulit dilupakan dalam hidup.

Kebanyakan para pendaki gunung memiliki mimpi untuk bisa mendaki puncak tertinggi di dunia yaitu Gunung Everest di Nepal. Sebelum mendaki ke Evererst, yuk kita kunjungi puncak-puncak tertinggi di Asia sebagai berikut!

  • Gunung Everest

Di Benua Asia terdapat banyak pegunungan yang tersebar dari Asia Tengah memanjang sampai ke China di sebelah timur dan Turki di sebelah barat. Salah satu puncak tertinggi pegunungan tersebut dan merupakan puncak tertinggi di dunia adalah Gunung Everest. 

Gunung Everest bertengger sebagai gunung tertinggi tidak hanya di Asia, melainkan di seluruh dunia. Mencapai puncak Everest merupakan dambaan setiap pendaki di dunia.

Dilansir dari National Geographic, Everest menjulang setinggi 29.035 kaki atau 8.850 meter di atas permukaan laut (mdpl) dan berada di perbatasan Nepal-China, di Asia.

  • Gunung K2

Gunung K2 merupakan gunung dengan puncak tertinggi kedua di Asia. Gunung K2 menjulang setinggi 28.261 kaki atau sekitar 8.614 mdpl di perbatasan Pakistan dan China.

Disadur dari Peakbagger, pendakian gunung K2 sangatlah sulit dengan ketinggian ekstrim, longsor salju yang mematikan, cuca tidak stabil, dan tanpa bukit penopang seperti yang dimiliki Everest.

Baca juga: Jingshan dan Wycherproof, Gunung Terpendek di Dunia

  • Gunung Kangchenjunga

Menduduki posisi ketiga puncak tertinggi di Asia adalah Gunung Kangchenjunga dengan ketinggian mencapai 28169 kaki atau sekitar 8.586 mdpl.

Gunung Kangchenjunga menjulang diantara Nepal dan India. Kangchenjunga disebut sebagai lima harta karun salju karena terdiri dari lima puncak yang semuanya ditutupi oleh salju.

  • Gunung Punsum

Posisi keempat diduduki oleh Gunung Punsum yang menjulang setinggi 24.836 kaki atau sekitar 7.570 mdpl. Gunung Punsum berada di perbatasan utara Bhutan dan Tibet China dan termasuk ke dalam pegunungan Himalaya.

Gunung Punsum adalah salah satu daerah terpencil di Himalaya yang memilii lembah-lembah menkajubkan serta jarang dikunjungi manusia.

  • Puncak Ismail Samani

Menduduki posisi kelima, Puncak Ismail Samani adalah gunung yang berada di Tajikistan Asia. Puncak Ismail Samani menjulang dengan ketinggian mencapai 24.590 kaki atau sekitar 7.495 mdpl.

Gunung ini pernah dinamai sebagai Puncak Stalin, lalu diganting menjadi Puncak Komunis, dan terakhir dinama sesuai nama leluhur bangsa Samani yaitu Puncak Ismail Samani.

  • Gunung Hkakabo Razi
    Tim pendaki Gunung Hkakabo Razi dari North Face - National Geographic saat mendaki medan gunung yang bersalju. NATIONAL GEOGRAPHIC / CORY RICHARD Tim pendaki Gunung Hkakabo Razi dari North Face - National Geographic saat mendaki medan gunung yang bersalju.

Menduduki peringkat keenam puncak gunung tertinggi di Asia dan peringkat pertama puncak tertinggi di Asia Tenggara, Gunung Hkakabo Razi.

Gunung Hkakabo Razi memiliki ketinggian 19.295 kaki atau sekitar 5.881 mdpl dan berlokasi di Myanmar.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com