Kompas.com - 23/04/2021, 12:48 WIB

KOMPAS.com - Pernahkah kamu datang ke pameran seni rupa? Pameran seni rupa adalah acara yang diadakan oleh seniman untuk dilihat oleh khalayak umum.

Dilansir dari Virtosu Art Gallery, pemarean seni adalah kesempatan untuk berbagi ide, merasakan bakat artistik yang luar biasa, dan berinteraksi dengan persembahan budaya dari suatu kota atau komunitas.

Penataan pengelompokan karya seni rupa dalam pameran biasnya berdasarkan jenis, sehingga lebih mudah dinikmati pengunjung. 

Dilansir dari Modul Pameran Seni Rupa Kemendikbud, hasil karya seni rupa dalam pameran dikelompokkan menjadi:

  • Seni lukis

Seni lukis adalah bentuk seni rupa yang berupa lukisan atau gambaran diatas kanvas dan menggunakan pewarna seperti cat air dan cat minyak. Seni lukis sendiri dikelompokkan menjadi berbagai aliran seperti abstrak, realisme, naturalisme, surealisme, pop, hingga kontemporer.

Baca juga: Aliran Seni Lukis dan Tokohnya

  • Seni Grafis

Seni grafis adalah bentuk seni rupa yang kebanyakan dilakukan dengan cara mencetak suatu karya di atas media. Misalnya mencetak dengan cara sablon (cetak saring) seperti poster, banner, juga gambar pada baju dan kain.

Contoh seni grafis adalah litografi (teknik cetak datar), woodcut (teknik cetak timbul), intaglio (teknik cetak dalam), dan fotografi (mencetak cahaya pada kertas foto).

  • Seni Kriya

Dilansir dari Tate, seni kriya adalah cabang seni rupa yang menghasilkan suatu benda estetis dengan fungsi yang domestik misalnya dapat dipakai, dimakan, ataupun diminum.

Contoh dari seni kriya adalah kerajinan tekstil (border, crochet, knitting, tenun, makrame, rajutan, dan seni motif karpet), ukiran kayu, origami, maket, tembikar, keramik, gerabah, seni kaca, perhiasan, kerajinan kulit (misal wayang kulit), rangkaian bunga, pembuatan boneka, dan kerajinan logam.

  • Seni Instalasi

Seni instalasi adalah cabang seni rupa yang bergerak membentuk seni modern yang kontemporer. Seni instalasi adalah gerakan seni yang imersif (berinteraksi secara fisik dengan penikmat seni), mengubah ruang apapun menjadi lingkungan interaktif sesuai imajinasi seniman.

  • Seni Ilustrasi

Seni ilustrasi adalah jenis seni rupa yang memvisualisasikan suatu makna ke dalam gambar maupun tulisan sehingga dapat dimengerti dengan mudah oleh peikmat seni. Contoh seni ilustrasi adalah gambar karikatur, komik, ilustrasi novel maupun tokoh khayalan, gambar naturalis, dan ilustrasi dekoratif.

Baca juga: Yang Perlu Diperhatikan dalam Pameran

  • Seni Patung

Seni patung adalah cabang seni rupa yang berupa benda tiga dimensi yang telah muncul sejak zaman prasejarah. Dilansir dari Sams Original Art, ditemukan patung manusia berwajah di gua Hohlenstein-Stadel, Jerman.

Patung tersebut terbuat dari gading Mamoth dan diperkirakan dibuat sekitar 35.000 tahun sebelum masehi. Penemuan tersebut menguatkan seni patung sebagai salah satu karya seni tertua di dunia.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.