Kompas.com - 08/07/2021, 14:30 WIB
Ilustrasi sasaran dan tujuan AMDAL freepik.com/jcompIlustrasi sasaran dan tujuan AMDAL

KOMPAS.com - AMDAL atau yang dikenal juga dengan istilah Analisis Mengenai Dampak Lingkungan Hidup digunakan untuk mencari tahu dampak suatu usaha atau kegiatan terhadap lingkungan hidup.

AMDAL bisa dikatakan sangat berpengaruh dalam pengambilan keputusan mengenai penyelenggaraan usaha atau kegiatan tersebut.

Berdasarkan Pasal 1 ayat (2) Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 27 Tahun 2012 tentang Izin Lingkungan, AMDAL merupakan kajian tentang dampak penting dari suatu perencanaan kegiatan dan atau usaha pada lingkungan hidup, yang mana diperlukan untuk proses pengambilan keputusan mengenai penyelenggaraan usaha dan atau kegiatan tersebut.

Dalam peraturan tersebut juga didefinisikan usaha dan atau kegiatan yang dimaksud dalam pengertian AMDAL.

Usaha dan atau kegiatan adalah segala bentuk aktivitas yang dapat mengakibatkan perubahan terhadap rona lingkungan hidup dan menimbulkan dampak bagi lingkungan hidup.

Baca juga: AMDAL: Definisi dan Proses Penyusunannya

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Tujuan dan sasaran AMDAL

Mengutip dari buku Analisis Mengenai Dampak Lingkungan (AMDAL) (2020) karya Indasah, tujuan dan sasaran AMDAL ialah untuk menjamin agar segala bentuk usaha dan atau kegiatan pembangunan yang diselenggarakan dapat terus berlangsung, tanpa harus merusak ataupun mengorbankan lingkungan.

Kata lainnya, usaha atau kegiatan yang diselenggarakan tersebut layak dari aspek lingkungan hidup. Harapannya dengan melakukan kajian AMDAL, dampak lingkungan yang negatif dapat semakin diminimalisir serta pengelolaan sumber daya alam dapat dilakukan seefisien mungkin.

Menurut Manik dalam buku Pengelolaan Lingkungan Hidup (2018), AMDAL menjadi alat atau instrumen dalam pengelolaan lingkungan hidup, baik bagi pihak penyelenggara, pengelola, instansi pengawas, ataupun masyarakat.

Proses perolehan AMDAL

Dilansir dari situs Indonesia.go.id, ada enam proses perolehan AMDAL, yaitu:

  • Proses penapisan

Proses ini disebut juga sebagai proses seleksi. Adalah proses dimana suatu rencana kegiatan dan atau usaha wajib menyusun AMDAL atau tidak. Proses ini dilakukan dengan menggunakan sistem penapisan satu langkah.

Halaman:

Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.