Kompas.com - 08/07/2021, 12:00 WIB
Ilustrasi motivasi freepik.com/vectorjuiceIlustrasi motivasi

KOMPAS.comMotivasi merupakan istilah yang sering di dengan dalam kehidupan sehari-hari. Motivasi dikaitkan dengan kemauan seseorang untuk melakukan suatu kegiatan.

Dilansir dari Verywell Mind, motivasi adalah kekuatan yang memulai, membimbing, dan mempertahankan perilaku yang berorientasi pada tujuan.

Motivasi diterjemahkan sebagai hal yang mendorong perilaku manusia untuk mendapatkan suatu tujuan.

Misalnya seseorang termotivasi untuk belajar karena ingin mendapatkan gelar akademik. Untuk lebih memahami tentang motivasi.

Teori motivasi

Berikut adalah lima buah teori motivasi yang paling terkenal, yaitu:

  • Teori Hierarki Maslow

Teori hierarki Maslow teori motivasi yang dikemukakan Abraham Maslow pada tahun 1943. Dilansir dari Lumen Learning, hierarki Maslow menggambarkan serangkaian kebutuhan fisiologis dan emosional untuk kepuasan manusia yang diatur dalam hierarki atau urutan kebutuhan manusia.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Baca juga: Etika Bisnis: Pengertian, Teori, Prinsip, dan Contohnya

Teori hierarki Maslow mengurutkan kebutuhan manusia dimulai dari paling bawah ke paling atas yaitu:

  • Kebutuhan fisiologis

Kebutuhan fisiologis merupakan kebutuhan pokok yang menyangkut keberlangsungan hidup manusia. kebutuhan fisiologis berupa oksigen, makanan, tidur, air bersih, kemampuan homeostatis dan juga sekresi.

  • Kebutuhan keamanan

Kebutuhan keamanan merupakan kebutuhan rasa aman manusia. kebutuhan keamanan meliputi keamanan pribadi, keamanan keuangan, kesejahteraan pekerjaan, keamaan keluarga, dan moralitas.

  • Kebutuhan sosial

Manusia sebagai makhluk sosial memiliki kebutuhan sosial, yaiti interaksi antar sesama manusia. kebutuhan sosial dapat berupa pertemanan, kebutuhan untuk dicintai, hubungan keluarga yang baik, hingga hubungan dengan kolega maupun sekedar kenalan.

Halaman:

Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.