Kompas.com - 07/07/2021, 13:30 WIB
Ilustrasi perbedaan taktik dan strategi dalam manajemen pemasaran freepik.com/macrovectorIlustrasi perbedaan taktik dan strategi dalam manajemen pemasaran

KOMPAS.com – Istilah taktik dan strategi biasanya berkaitan sangat erat dengan cara untuk mencapai kemenangan.

Taktik dan strategi bahkan digunakan dalam bidang manajemen pemasaran dengan tujuan mendapatkan pendapatan serta keuntungan bagi suatu perusahaan.

Namun apakah sebenarnya perbedaan taktik dan strategi? Untuk memahaminya mari kita berpindah aspek terlebih dahulu ke dalam ketehanan suatu pasukan militer.

Taktik dan strategi adalah kunci kemenangan suatu pasukan militer dalam perang. Tujuan dari perang hanya ada satu yaitu menang.

Para jenderal biasanya akan berdiskusi tentang rencana jangka panjang untuk memenangkan suatu perang, rencana tersebut disebut dengan strategi.

Baca juga: Ruang Lingkup Pemasaran

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Misalnya strategi perang adalah menaklukan benteng lawan pada tengah malam dengan menyerangnya dari dua sisi.

Adapun untuk melaksanakan strategi tersebut dibutuhkan langkah-langkah yang bersifat taktis. Langkah-langkah tersebut disebut dengan taktik.

Taktik dapat berupa memasukkan mata-mata, menyerang saat lawan lengah, menggunakan senjata canggih dalam perang, maupun memutus pasokan makanan ke benteng lawan.

Pengertian strategi dan taktik

Dilansir dari Medium, strategi adalah kombinasi hal-hal yang perlu dilakukan untuk mencapai suatu tujuan dan dibatasi oleh waktu serta sumber daya. Adapun taktik yaitu metode, langkah, ataupun alat yang diterapkan untuk mendapat hasil terukur dalam menjalankan strategi.

Dilansir dari Brenits Creative, strategi dalam pemasaran bertujuan menumbuhkan kesadaran merek sehingga memengaruhi keputusan “beli” pada konsumen yang dituju.

Strategi pemasaran layaknya cetak biru pemasaran, berisi rencana jangka panjang pemasaran dalam mencapai tujuan pemasaran yaitu mendapatkan konsumen dan menghasilkan laba atau keuntungan.

Baca juga: Definisi Pemasaran: Sosial dan Managerial

Dalam strategi akan direncanakan bagaimana agar perusahaan mendapat keunggulan kompetitif atas kompetitornya, bagaimana mengalokasikan sumber dayanya, bagaimana mendefinisikan pasar juga produk, melakukan branding kepada pasar, mendatangkan investor, membangun citra perusahaan, dan ancaman masa depan perusahaan.

Stategi berisi rencana jangka panjang yang fokus pada masa depan juga tercapainya tujuan pemasaran.

Dilansir dari Key Differences, adapun taktik menentukan bagaimana strategi dijalankan berisi tindakan yang fokus pada tugas-tugas masa kini. Sehingga taktik pemasaran adalah langkah dan tindakan taktis yang dilakukan untuk menjalankan strategi.

Contoh

Misalnya untuk strategi mendapat keunggulan kompetitif atas kompetitor bisnis, taktik yang bisa dilakukan adalah promosi melalui influencer media sosial, membuat iklan berisi keunggulan produk di televisi nasional, dan membuat acara seminar yang memungkinkan interaksi antara konsumen dan merek dagang secara langsung.

Baca juga: Kemasan dan Pemasaran Produk Kerajinan Obyek Lokal

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.