Kompas.com - 07/07/2021, 14:45 WIB
Ilustrasi pemasaran holistik KOMPAS.com/Gischa PrameswariIlustrasi pemasaran holistik

KOMPAS.com - Pemasaran diperlukan untuk mengidentifikasi produk dan kebutuhan konsumen. Pemasaran lumrahnya digunakan sebelum melakukan aktivitas penjualan. Salah satu bentuk konsep pemasaran ialah pemasaran holistik.

Pengertian pemasaran holistik

Menurut Yoyo Sudaryo, dalam buku Digital Marketing dan Fintech di Indonesia (2020), pemasaran holistik merupakan pengembangan, perancangan, serta implementasi program dan kegiatan pemasaran, yang mana melihat ketergantungan dalam konteks lingkungan pemasaran.

Pemasaran holistik bersifat terintegrasi atau menyeluruh. Jenis pemasaran ini sering digunakan untuk mengidentifikasi dan sebagai bentuk adaptasi (mengikuti) terhadap segala bentuk perubahan yang terjadi, baik secara individu ataupun sosial.

Mengutip dari buku Entrepreneurship menjadi Pebisnis Ulung (2009) karya Eddy Soeryanto Soegoto, pemasaran holistik mencakup beberapa dimensi seperti pemasaran lewat hubungan konsumen atau relasi, pemasaran yang bertanggung jawab secara sosial, etika dan huku, pemasaran terpadu (komunikasi dan produk atau jasa), serta pemasaran internal (departemen pemasaran dan manajemen puncak).

Baca juga: Perbedaan Taktik dan Strategi dalam Manajemen Pemasaran

Konsep pemasaran holistik

Dalam buku Konsep dan Strategi Pemasaran (2019) karya Muhammad Yusuf Saleh dan Miah Said, konsep pemasaran holistik bisa diartikan sebagai pendekatan terhadap suatu pemasaran, yang mana mencoba mengakui serta mendamaikan ruang lingkup dan kompleksitas kegiatan pemasaran.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Konsep pemasaran ini memiliki empat komponen penting, yaitu:

  1. Relationship marketing
    Komponen ini digunakan dengan tujuan untuk membangun hubungan yang menguntungkan dan memuaskan antar berbagai pihak yang berkepentingan, dalam jangka waktu panjang. Pihak tersebut meliputi pelanggan, pemasok, dan distributor.
  2. Internal marketing
    Komponen ini bertujuan untuk merekrut, melatih, serta memotivasi karyawan agar bisa melayani konsumen dengan baik. Seluruh komponen dalam pemasaran internal harus saling bekerja sama untuk memasarkan produk, melayani pelanggan, riset pemasaran, serta manajemen produk.
  3. Social responsibility marketing
    Komponen ini mengharuskan para pemasar untuk menggunakan pertimbangan sosial dan etis ke dalam praktik pemasarannya. Misalnya dalam membuat kebijakan yang berkaitan atau sesuai dengan laba perusahaan, pemuasan keinginan pelanggan, serta kepentingan publik, dengan memperhatikan aspek sosial dan etisnya.
  4. Integrated marketing
    Komponen ini digunakan untuk merencanakan kegiatan dan program pemasaran yang terpadu serta bermanfaat untuk konsumen. Kata lainnya ialah penerapan dari aktivitas pemasaran dilakukan secara menyeluruh, meliputi manajemen permintaan, manajemen sumber daya, serta manajemen jaringan.

Baca juga: Ruang Lingkup Pemasaran

Manfaat pemasaran holistik

Pemasaran holistik sangat bermanfaat untuk kegiatan pemasaran suatu perusahaan. Karena jenis pemasaran ini sifatnya terintegrasi atau menyeluruh.

Artinya para pemasar harus melihat berbagai aspek terlebih dahulu sebelum melakukan kegiatan pemasaran.

Setidaknya, pemasaran holistik memiliki tiga manfaat, yaitu:

  • Pemasaran holistik mempermudah pemasar dalam melakukan kegiatan pemasaran

Jenis pemasaran ini mengharuskan para pemasar untuk merancang kegiatan pemasaran secara lebih menyeluruh.

Halaman:

Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.