Kompas.com - 07/07/2021, 13:52 WIB
Ilustrasi revolusi budaya KOMPAS.com/Gischa PrameswariIlustrasi revolusi budaya

KOMPAS.com – Budaya merupakan hal yang tidak bisa dipisahkan dari manusia. budaya tidak muncul secara tiba-tiba, melainkan melalui proses panjang bersamaan dengan berkembangnya peradaban manusia.

Budaya lahir karena adanya kepercayaan, pemikiran, kebiasaan, dan pencampuran manusia dalam jangka waktu yang panjang.

Namun bagaimanakah jadinya jika suatu budaya di revolusi?

Revolusi budaya adalah perubahan secara menyeluruh suatu budaya dan sosial suatu masyarakat dalam jangka waktu yang sangat cepat.

Dilansir dari History, revolusi kebudayaan merupakan gerakan sosial politik Tiongkok dari tahun 1966 hingga 1976 yang dipimpin oleh Komunis Mao Zedong.

Mao Zedong merupakan pemimpin partai komunis Tiongkok yang menjadi pemimpin Republik Rakyat China setelah lebih dari 30 tahun berjuang melawan kolonialisme.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Baca juga: Penetrasi Budaya: Pengertian, Proses, Macam dan Contohnya

Mao merasa pemerintahan China terpengaruh peradaban Barat dan feodalisme menyebabkan kemiskinan rakyat dan banyaknya pejabat korup.

Untuk membenahi keadaan tersebut sekaligus membangun kembali China, Mao meluncurkan revolusi kebudayaan pada pertemuan Pleno Komite Sentar ke-8 pada Agustus 1996.

Kaiming dalam buku Modern China: a Topical History (1986) menyebutkan revolusi kebudayaan dilakukan untuk menghapus empat hal kuno (4 olds) yaitu kebudayaan, gagasan pemikiran, tradisi, dan kebiasaan-kebiasaan kuno.

Tentara merah (red guards) diberikan hak untuk menghancurkan segala hal yang berhubungan dan mengingatkan mereka dengan peradaban Barat dan Feodalisme termasuk benda-benda warisan sejarah.

Halaman:

Sumber History
Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.