Kompas.com - 07/07/2021, 13:00 WIB
Ilustrasi pembelajaran IPS KOMPAS.com/Gischa PrameswariIlustrasi pembelajaran IPS

KOMPAS.com - Secara garis besar, Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) atau social studies berisikan aspek sosiologi, geografi, politik, sejarah, serta ekonomi. Seluruh ilmu ini bisa didapatkan lewat pembelajaran di sekolah dan perguruan tinggi.

Dilansir dari Merriam Webster, social studies merupakan bagian dari kurikulum sekolah atau perguruan tinggi, yang mana ilmu ini mempelajari hubungan sosial dan fungsi masyarakat.

Social studies dibagi menjadi ilmu sejarah, politik, ekonomi, kewarganegaraan, sosiologi, geografi dan antropologi.

IPS atau social studies memiliki empat tradisi penting yang selalu dijalankan dalam proses pembelajarannya. Empat tradisi tersebut adalah:

Social studies as citizenship transmission

Menurut Angkat Wibowati Oktina dalam jurnal Penguatan Keterampilan Sosial Peserta Didik dalam Pembelajaran IPS (2018), tradisi praktik pembelajaran IPS yang pertama ialah sebagai citizenship transmission atau pewarisan budaya.

Baca juga: Nama-nama Mata Pelajaran dalam Bahasa Inggris

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Hal ini berarti IPS sebagai sarana untuk meneruskan nilai-nilai yang sebelumnya telah berkembang di masyarakat ke generasi selanjutnya. Tujuannya untuk mempertahankan nilai yang dianggap penting oleh masyarakat.

Contohnya dengan pembelajaran sejarah, kita bisa mengetahui nilai dan semangat perjuangan dari para pahlawan yang telah gugur memerdekakan Indonesia.

Contoh lainnya, lewat pembelajaran PKN atau kewarganegaraan, kita bisa mengetahui nilai-nilai Pancasila yang diwariskan ke generasi selanjutnya.

Social studies as reflective inquiry

Dalam jurnal Dinamika Konseptualisasi Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial (PIPS) dan Pendidikan Kewarganegaraan (Pkn) pada Pendidikan Dasar dan Menengah (2011) karya Udin Saripudin Winataputra, disebutkan jika reflective inquiry merupakan metode pembelajaran sosial yang ditekankan pada suatu hal tertentu.

Hal tersebut diantaranya berpikir kritis, induktif, memecahkan masalah, serta pengambilan keputusan secara rasional.

Halaman:

Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.