Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kalimat Ambigu: Definisi, Jenis, Ciri-Ciri, Faktor, dan Contoh Kalimat

Kompas.com - 07/07/2021, 12:43 WIB
Vanya Karunia Mulia Putri ,
Serafica Gischa

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Penggunaan kalimat ambigu dapat membuat pembaca atau pendengar bingung. Karena jenis kalimat ini memiliki makna ganda. Sehingga dikhawatirkan bisa menimbulkan kesalahpahaman saat membaca atau mendengar kalimatnya.

Definisi kalimat ambigu

Menurut Markhamah dan Atiqa Sabardila dalam buku Analisis Kesalahan dan Karakteristik Bentuk Pasif (2014), kalimat ambigu merupakan bentuk kalimat yang memiliki makna ganda. Dalam hal ini, ambiguitas kalimat disebabkan oleh kata keterangan atau atribut yang jumlahnya lebih dari satu.

Dikutip dari buku Bahasa Indonesia untuk Perguruan Tinggi (2017) karya I Ketut Dibia dan I Putu Mas Dewantara, ambiguitas diambil dari bahasa Inggris, yakni ambiguity, artinya sebuah konstruksi yang dapat ditafsirkan lebih dari satu arti. Dalam bahasa Indonesia, kalimat ambigu sering juga dikenal sebagai kalimat taksa.

Tanpa disadari, penggunaan kalimat ambigu sering terjadi saat pengucapan lisan ataupun tulisan. Misalnya, kesalahan peletakan tanda baca dapat menimbulkan multitafsir atau makna ganda dalam sebuah kalimat.

Baca juga: Perbedaan Kalimat Efektif dan Tidak Efektif

Jenis kalimat ambigu

Dalam buku Semantik: Konsep dan Contoh Analisis (2017) karya Fitri Amilia dan Astri Widyaruli Anggraeni, kalimat ambigu dibagi menjadi tiga jenis, yaitu:

  • Ambiguitas fonetik

Jenis kalimat ambigu yang pertama ialah ambiguitas fonetik. Penyebab ambiguitas ini karena adanya persamaan bunyi yang dihasilkan, khususnya ketika seseorang terlalu cepat melafalkan kalimat. Akibatnya akan timbul keraguan makna atau kesalahpahaman.

Menurut Trismanto dalam jurnal Ambiguitas dalam Bahasa Indonesia (2018), cara menghindari jenis ambiguitas ini ialah dengan meminta pembicara untuk mengulangi kalimatnya dengan lebih jelas dan perlahan. Supaya kedua belah pihak paham makna atau pembicaraan apa yang sedang dibahas.

Contohnya:

Kemarin Dina memberi tahu kepada Andi.

Makna ‘memberi tahu’ memiliki makna ganda. Karena bisa bermakna Dina memberi makanan tahu kepada Andi. Atau Dina memberi tahu berupa informasi penting kepada Andi.

Baca juga: Contoh Kalimat Berpelengkap

  • Ambiguitas leksikal

Jenis ambiguitas ini terjadi pada setiap kata di bahasa Indonesia, yang memiliki makna lebih dari satu. Karena bermakna ganda, kalimat atau kata tersebut dapat mengacu pada benda ataupun kondisi suasana.

Tata berlari karena mengejar adiknya yang nakal

Dinda lari menghindari kenyataan

Penggunaan kata ‘lari’ di sini memiliki makna ganda, yaitu berlari mengejar seuatu atau berlari menjauh dari sesuatu.

  • Ambiguitas gramatikal

Ambiguitas ini dapat disebabkan oleh pembentukan kata yang bergantung pada peristiwa penyebabnya. Selain itu, ambiguitas ini juga terjadi karena memang kata atau kalimat tersebut memiliki makna ganda.

Contohnya kata ‘pemukul’, bisa bermakna ganda, yaitu alat pemukul, atau orang yang memukul orang lain. Penggunaan kata pemukul bergantung pada peristiwa yang terjadi, misalnya dalam kasus perkelahian atau olahraga yang membutuhkan alat pemukul.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com