Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Elektronika: Pengertian, Fungsi Dasar, dan Cabang Ilmunya

Kompas.com - 07/07/2021, 11:55 WIB
Silmi Nurul Utami,
Serafica Gischa

Tim Redaksi

KOMPAS.com – Manusia modern tidak bisa terlepas dari penggunaan barang elektronika dalam kehidupan sehari-hari.

Dimulai dari penerangan, ponsel pintar, lemari pendingin makanan, penanak nasi otomatis, mesin cuci, hingga berbagai alat transportasi.

Namun tahukah kamu apa pengertian dari elektronika sesungguhnya. Istilah elektronika berasal dari dua kata bahasa Inggris yaitu “electron” yang berarti elektron dan “mechanics” yang berarti mekanika. Sehingga secara harfiah elektronika adalah ilmu yang mempelajari pergerakan elektron.

Dilansir dari Encyclopedia Britannica, elektronika adalah cabang fisika dan teknik elektro yang berhubungan dengan emisi, perilaku, efek elektron, dan perangkat elektronik.

Sehingga elektronika dapat diartikan sebagai ilmu yang mempelajari perilaku gerakan elektron dan bagaimana memanfaatkannya untuk membantu kehidupan manusia.

Baca juga: Dampak Membuang Sampah Elektronik Sembarangan

Fungsi dasar elektronika

Elektronika memiliki fungsi dasar yaitu sebagai penyearah, penguatan, pengendalian, pembangkitkan, dan juga konversi.

  • Penyearah

Arus listrik menurut arah rambatnya terbagi menjadi dua jenis, yaitu listrik arus searah (DC) dan listrik arus bolak-balik (AC).

Dilansir dari allaboutcircuits.com, fungsi dasar elektronika sebagai penyerah atau retrifikasi adalah merubah arus AC menjadi arus DC. Retrifikasi dibantu dengan komponen elektronika yang dinamakan dengan dioda.

Misalnya arus listrik dari PLN yang dialirkan ke rumah adalah arus AC. Namun perangkat elektronik seperti ponsel pintar dan laptop hanya bisa diisi dayanya dengan arus DC. Dengan adanya penyearah dari adaptop chargerlah, kita dapat mengisi daya ponsel dengan arus PLN.

  • Pembangkitan

Pembangkitan adalah fungsi dasar dari elektronika. Rangkaian osilator dalam elektronika dapat membangkitkan sinyal AC dengan bentuk gelomang, periode, dan amplitudo yang diinginkan.

Baca juga: Contoh Alat Elektronik yang Ada di Rumah Serta Perubahan Energinya

  • Penguatan

Penguatan adalah salah satu fungsi dasar dari elektronika. Penguatan dilakukan untuk menguatkan sinyal yang awalnya lemah menjadi lebih besar dengan menaikkan amplitudonya sesuai kebutuhan. Sinyal tersebut dapat berupa impedansi masukan, impedansi keluaran, arus, daya, ataupun tegangan listrik.

  • Pengendalian

Pengendalian perangkat elektronik merupakan salah satu fungsi dasar elektronika. Suatu sistem elektronika terdiri dari input, proses, dan output yang di dalamnya bisa dimasukkan sensor sebagai indikator kontrol sistem.

Dilansir dari Electronics Tutorials, sensor merespon informasi dan menggunakan energi listrik dalam bentuk tindakan output untuk mengontrol proses fisik atau melakukan beberapa jenis operasi matematikan pada sinyal.

Pengendalian elektronik dapat bersifat sangat sederhana maupun sangat kompleks. Sistem pengendalian elektroniklah yang memungkinkan berbagai otomasi mesin dalam kehidupan manusia.

  • Konversi

Fungsi dasar terakhir dari elektronika adalah konvensi suatu bentuk energi ke bentuk energi lainnya. Perangkat elektronika yang dilengkapi dengan transduser dapat melakukan knversi energi tersebut.

Dilansir dari Electrical 4 U, tranduser adalah perangkat elektronika yang mampu mengonversi kuantitas fisik menjadi kuantitas listrik yang proposional seperti tegangan atau arus.

Baca juga: Sumber Daya Alam Pembangkit Listrik

Cabang ilmu elektronika

Menurut bidang yang dipelajarinya, ilmu elektronika dibagi emnejadi beberapa cabang yaitu:

  • Elektronika analog
  • Elektronika digital
  • Elektronika optik
  • Elektronika daya
  • Elektronika audio
  • Elektronika mekanika
  • Mikroelektronika
  • Desain sirkuit
  • Bioelektrionika
  • Nanoelektronika
  • Telekomunikasi

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com