Kompas.com - 07/07/2021, 11:55 WIB
Ilustrasi elektronika freepik.com/rawpixel.comIlustrasi elektronika

KOMPAS.com – Manusia modern tidak bisa terlepas dari penggunaan barang elektronika dalam kehidupan sehari-hari.

Dimulai dari penerangan, ponsel pintar, lemari pendingin makanan, penanak nasi otomatis, mesin cuci, hingga berbagai alat transportasi.

Namun tahukah kamu apa pengertian dari elektronika sesungguhnya. Istilah elektronika berasal dari dua kata bahasa Inggris yaitu “electron” yang berarti elektron dan “mechanics” yang berarti mekanika. Sehingga secara harfiah elektronika adalah ilmu yang mempelajari pergerakan elektron.

Dilansir dari Encyclopedia Britannica, elektronika adalah cabang fisika dan teknik elektro yang berhubungan dengan emisi, perilaku, efek elektron, dan perangkat elektronik.

Sehingga elektronika dapat diartikan sebagai ilmu yang mempelajari perilaku gerakan elektron dan bagaimana memanfaatkannya untuk membantu kehidupan manusia.

Baca juga: Dampak Membuang Sampah Elektronik Sembarangan

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Fungsi dasar elektronika

Elektronika memiliki fungsi dasar yaitu sebagai penyearah, penguatan, pengendalian, pembangkitkan, dan juga konversi.

  • Penyearah

Arus listrik menurut arah rambatnya terbagi menjadi dua jenis, yaitu listrik arus searah (DC) dan listrik arus bolak-balik (AC).

Dilansir dari allaboutcircuits.com, fungsi dasar elektronika sebagai penyerah atau retrifikasi adalah merubah arus AC menjadi arus DC. Retrifikasi dibantu dengan komponen elektronika yang dinamakan dengan dioda.

Misalnya arus listrik dari PLN yang dialirkan ke rumah adalah arus AC. Namun perangkat elektronik seperti ponsel pintar dan laptop hanya bisa diisi dayanya dengan arus DC. Dengan adanya penyearah dari adaptop chargerlah, kita dapat mengisi daya ponsel dengan arus PLN.

  • Pembangkitan

Pembangkitan adalah fungsi dasar dari elektronika. Rangkaian osilator dalam elektronika dapat membangkitkan sinyal AC dengan bentuk gelomang, periode, dan amplitudo yang diinginkan.

Baca juga: Contoh Alat Elektronik yang Ada di Rumah Serta Perubahan Energinya

Halaman:

Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.