Kompas.com - 01/04/2021, 13:23 WIB

KOMPAS.com - Setiap harinya manusia menyalakan lampu, menanak nasi dalam rice cooker, menyimpan makanan dalam kulkas, mencuci dengan mesin cuci, mengisi daya baterai handphone, menggunakan komputer, dan hal-hal lainnya yang menggunakan listrik.

Namun tahukah kamu darimana listrik berasal? Listrik yang digunakan manusia tidak muncul begitu saja, namun harus dibangkitkan melalui generator untuk kemudian dialirkan melalui kabel listrik ke pemukiman warga.

Untuk membangkitkan listrik dibutuhkan tenaga yang besar, tenaga tersebut didapatkaln dari sumber daya alam. Berikut sumber energi yang dapat dimanfaatkan sebagai pembangkit listrik:

Pembangkit listrik tenaga uap menggunakan uap panas untuk memutar generator dan menghasilkan listrik. Uap panas tersebut didapatkan dari air yang dipanaskan dalam suatu boiler oleh batu bara sebagai sumber energinya.

Baca juga: 5 Sumber Daya Alam dengan Pengaruh Terbesar bagi Manusia

  • Pembangkit Listrik Tenaga Panas Bumi (PLTP)

energyeducation.ca Pembangkit listrik tenaga panas bumi

PLTP memanfaatkan panas bumi alami sebagai sumber energi untuk membangkitkan listrik. PLTP menggunakan uap seperti PLTU, namun bedanya PLTP tidak menggunakan batu bara sebagai sumber energi melainkan panas bumi.

  • Pembangkit Listrik Tenaga Bayu

Pembangkit listrik tenaga angintoshiba-energy.com Pembangkit listrik tenaga angin

Pembangkit listrik tenaga bayu atau angin menggunakan sumber daya alam berupa angin untuk menghasilkan listrik. Angin akan memutar baling-baling yang kemudian memutar generator dan menghasilkan listrik.

Angin merupakan sumber daya yang tidak terbatas dan tidak akan habis dan merupakan pembangkit listrik paling ramah lingkungan karena tidak mengemisikan karbon dioksida.

  • Pembangkit Listrik Tenaga Gas (PLTG)

PLTG menggunakan sumber daya alam berupa gas untuk membangkitkan listrik. Pembakaran gas alam akan menghasilkan aliran udara serta panas yang besar untuk memutar turbin.

Ketika turbin berputar, generator akan ikut diputar sehingga dihasilkan listrik. PLTG mengemisikan banyak karbon dioksida, gas mono-nitrogen dioksida, gas sulfur dioksida, dan debu partikulat ke atmosfer yang dapat merusak lingkungan.

Baca juga: Manfaat Sumber Daya Alam Tambang

  • Pembangkit Listrik Tenaga Air

Pembangkit listrik tenga air menggunakan sumber daya air untuk membangkitkan listrik. Tenaga air yang digunakan dapat berupa aliran sungai alami, aliran air dari bendungan atau waduk, memompa air dari bawah ke atas, dan air di lepas pantai.

Halaman:

Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.