Kompas.com - 06/07/2021, 13:55 WIB
Ilustrasi pengertian bancassurance KOMPAS.com/Gischa PrameswariIlustrasi pengertian bancassurance

KOMPAS.comBancassurance menjadi salah satu produk layanan yang sering ditawarkan bank kepada nasabah.

Dalam segi ekonomi, program bancassurance jelas memberi keuntungan, tidak hanya kepada nasabah, tetapi juga bank.

Definisi bancassurance

Berdasarkan Surat Edaran Otoritas Jasa Keuangan Nomor 32/SEOJK.05/2016 tentang Saluran Pemasaran Produk Asuransi melalui Kerja Sama dengan Bank (Bancassurance), bancassurance merupakan aktivitas kerja sama yang terjalin antara perusahaan dengan bank, untuk memasarkan produk asuransi melalui bank.

Menurut Andika Persada Putera dalam buku Hukum Perbankan: Analisis Mengenai Prinsip, Produk, Risiko dan Manajemen Risiko dalam Perbankan (2019), pengertian bancassurance adalah layanan yang diberikan bank kepada nasabahnya, dalam bentuk penyediaan produk asuransi dan investasi untuk kebutuhan keuangan nasabah di masa akan mendatang.

Baca juga: Rekonsiliasi Bank: Pengertian, Fungsi, Tujuan, Prosedur dan Contohnya

Jenis bancassurance

Mengutip dari buku Bank Strategy on Funding and Liability/Treasury Management (2008) karya Soetanto Hadinoto, bisnis bancassurance dibagi menjadi empat, yaitu:

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

  • Distribution agreement

Artinya bank mendistribusikan produk asuransi jiwa, secara standalone (mandiri) ataupun dengan model bundling (strategi pemasaran dengan menggabungkan dua produk berbeda) seperti tabungan.

  • Strategic alliance

Artinya bank dengan perusahaan asuransi mulai berintegrasi menjadi satu kesatuan penuh dalam hal penjualan program asuransi. Mulai dari pengembangan produk hingga kemampuan manajemen penjualan di bank.

  • Joint venture

Artinya ada pemisahan antara kepemilikan bank dengan asuransi, sehingga keduanya mendirikan anak perusahaan. Misalnya pihak asuransi memberi kontribusi berupa produk asuransinya, sedangkan bank memberi kontribusi dalam penyediaan database nasabah.

  • Financial service group

Artinya keseluruhan sistem dan operasi antara bank dengan perusahaan asuransi sudah terintegrasi penuh. Sehingga keduanya bisa memberi pelayanan sebaik dan sepenuh mungkin kepada nasabah.

Baca juga: Sistem Operasi Bank Syariah

Manfaat bancassurance

Dalam bancassurance, ada tiga pihak yang saling berkaitan dan berhubungan, yaitu perusahaan asuransi, bank, serta nasabah. Dalam program ini, ketiganya sama-sama mendapat manfaat atau keuntungan, yakni:

  • Manfaat bancassurance untuk perusahaan asuransi
  1. Peningkatan penjualan
    Adanya kerja sama dengan bank, tentunya mempermudah perusahaan untuk menjangkau pasar lebih besar. Sehingga peluang peningkatan penjualan akan semakin tinggi.
  2. Mendapat akses database nasabah
    Ketika perusahaan asuransi menjalin kerja sama dengan bank, mereka mendapat keuntungan berupa akses database nasabah secara lebih mudah. Sehingga perusahaan bisa lebih mudah dalam menentukan cara promosi dan pemasarannya.

Baca juga: Peran Bank Indonesia dalam Sistem Pembayaran

  • Manfaat bancassurance untuk bank
  1. Memperluas pangsa pasar
    Kerja sama bancassurance juga menguntungkan pihak bank, yaitu memperluas pangsa pasar. Artinya dengan menawarkan program asuransi jiwa, hal ini dapat membuat nasabah dan masyarakat semakin tertarik untuk membeli program tersebut.
  2. Peningkatan pendapatan
    Pendapatan bank juga akan meningkat ketika banyak nasabah menggunakan produk asuransi yang ditawarkan bank. Semakin banyak nasabah yang membeli program asuransi jiwa, semakin banyak pula komisi atau pendapatan yang diperoleh bank.
  • Manfaat bancassurance untuk nasabah
  1. Mudah membayar premi
    Kerja sama bancassurance memudahkan nasabah untuk melakukan pembayaran premi setiap bulannya. Karena ada berbagai metode pembayaran yang ditawarkan oleh bank.
  2. Lebih mudah dalam memilih program asuransi
    Adanya bancassurance membuat nasabah lebih mudah dalam menentukan program asuransi yang akan dibeli dan digunakan. Selain itu, nasabah juga tentunya memiliki lebih banyak referensi atau pilihan program asuransi.

Baca juga: Produk-Produk Bank Umum

Halaman:

Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.