Kompas.com - 13/02/2021, 20:02 WIB
Ilustrasi rumah. SHUTTERSTOCK/IMAGENETIlustrasi rumah.

KOMPAS.com - Alat elektronik adalah alat yang menggunakkan listrik sebagai sumber energinya. Baik listrik secara kontak langsung, maupun listrik yang didapat dari baterai.

Dalam alat elektronik, listrik diubah menjadi bentuk energi lain yang dibutuhkan. Untuk lebih memahimnya, yuk kita simak penjelasan di bawah ini!

  • Kipas Angin

Kipas angin mengubah energi listrik menjadi energi mekanik atau energi gerak. Kabel kipas angin dicolokkan pada terminal listrik, kemudian listrik mengalir ke dalam kipas dan menggerakkan dinamo. Dinamo kemudian menggerakkan baling-baling kipas dan menciptakan angin yang berhembus.

Selain kipas angin ruangan, kipas exhaust pada ventilasi udara, dan kipas yang digunakkan dalam CPU computer juga menggunakkan prinsip yang sama.

  • Pengering Rambut

Pengering rambut adalah alat elektronik yang mengubah energi listrik menjadi energi mekanik hampir sama dengan kipas angin.

Dilansir dari ThoughtCo., pengering rambut mengubah energi listrik menjadi energi mekanik yang menggerakkan kipas, dan juga energi panas yang membuat udara dari pengering rambuh terasa hangat.

Baca juga: Perubahan Energi dan Contohnya

  • Telepon Genggam

Telepon genggam atau ponsel adalah alat elektronik yang sangat kompleks. Telepon genggam mengubah energi listrik dari bateri menjadi bentuk energi lain seperti energi suara, energi cahaya, bahkan energi mekanik.

Gambar yang ditampilkan pada layar ponsel adalah kumpulan energi cahaya yang berbeda-beda. Suara yang kamu dengar dari ponsel saat menelepon, menonton, dan mendengarkan lagu adalah energi bunyi yang berasal dari listrik.

Sedangkan energi mekanik terjadi saat ponsel dalam mode getar, dimana getaran ponsel didapat dari energi listrik juga.

Selain pada ponsel, perubahan energi listrik menjadi energi suara dan energi cahaya juga terjadi pada laptop, komputer, dan juga perangkat video game.

  • Setrika

Setrika adalah alat elektronik yang mengubah energi listrik menjadi energi panas. Listrik yang dialirkan ke setrika melewati kabel akan memanaskan elemen pemanas. Elemen pemanas akan terus-menerus menghasilkan panas selama listrik masih mengalir di dalamnya.

Selain pada setrika, perubahan energi listrik menjadi energi panas terjadi juga pada pemanas air dan juga pemanas udara.


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X