Kompas.com - 08/07/2021, 11:34 WIB
Ilustrasi energi potensial KOMPAS.com/Gischa PrameswariIlustrasi energi potensial

KOMPAS.com – Saat sedang berada di ketinggian seperti di atas sebuah gedung, di atas tangga, dan di atas jembatan, sering kali terasa ada kekuatan yang bisa menarik kita untuk jatuh ke bawah.

Hal tersebut bukan hanya perasaan takut akan ketinggian, tapi karena pada posisi tersebut kita memiliki energi potensial.

Dilansir dari Encyclopedia Britannica, energi potensial adalah energi yang tersimpan dalam suatu benda dan bergantung pada posisi relatif berbagai sistem.

Saat berada di ketinggian, manusia berada di posisi jarak yang tinggi ke pusat bumi. Semakin tinggi posisi suatu benda, maka semakin besar energi potensialnya.

Dengan arti lain, energi potensial merupakan energi yang berasal dari benda yang diam yang berada pada ketinggian tertentu. 

Baca juga: Contoh Penggunaan Sumber Energi Alternatif

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Sehingga energi potensial, sesuai dengan namanya yaitu potensi energi yang dimiliki atau tersimpan suatu benda untuk melakukan kerja, menciptakan panas, ataupun menghasilkan daya.

Jenis-jenis energi potensial

Berikut jenis-jenis energi potensial, yaitu:

Energi yang dirasakan seakan menarik ke bawah saat berada di tempat yang tinggi adalah energi potensial gravitasi.

Bumi memiliki medan gravitasi yang memengaruhi benda serta makhluk hidup di dalamnya. Gaya gravitasi akan selalu menarik benda bermassa ke bawah.

Gaya gravitasilah yang menyebabkan manusia bisa berdiri dengan tegap di Bumi yang bulat dan setiap benda jatuh selalu ke bawah bukan ke atas.

Halaman:

Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.