Puasa Ayyamul Bidh: Pengertian, Asal Usul, Manfaat, Bacaan Niat, dan Tanggalnya

Kompas.com - 25/02/2021, 06:03 WIB
Ilustrasi Ramadhan. ShutterstockIlustrasi Ramadhan.

KOMPAS.com - Di antara puasa sunnah yang dilakukan oleh Nabi Muhammad SAW, salah satunya adalah puasa sunnah Ayyamul Bidh.

Dalam buku Dahsyatnya Puasa Wajib dan Sunnah (2012) oleh Amirulloh Syarbini, puasa Ayyamul Bidh adalah puasa sunnah pada pertengahan bulan hijriah. Puasa ini dilakukan pada tanggal 13, 14, dan 15 setiap bulan-bulan Islam.

Puasa ini disunnahkan dan nilainya terhitung seperti puasa tahunan. Hal ini disebabkan amal shalih dalam Islam diganjar sepuluh kali lipat.

Puasa sehari diganjar seperti puasa sepuluh hari. Sehingga barang siapa berpuasa tiga hari setiap bulannya, terhitung berpuasa setahun penuh.

Baca juga: Tiga Negara Dengan Waktu Puasa Terlama

Berdasarkan kalender tahun 1442 Hijriah, tanggal 1-12 Februari masuk dalam bulan Jumadil Akhir dan tanggal 13-28 Februari 2021 masuk bulan Rajab. Sehingga pelaksanaan puasa sunnah Ayyamul Bidh saat ini pada tanggal 25, 26, dan 27 Februari 2021 atau 13, 14, dan 15 Rajab 1442 H.

Asal usul puasa Ayyamul Bidh

Puasa ini disebut puasa hari-hari putih (ayyamul bidh), karena hari-hari tersebut bertepatan dengan terang bulan (terang-terangnya bulan).

Menurut kitab Umdatul Qari Syarah Shahihul Bukhari, nama Ayyamul Bidh berdasarkan kisah Nabi Adam turun ke Bumi.

Ketika Nabi Adam diturunkan ke Bumi, tubuhnya terbakar matahari dan tubuhnya menjadi gosong. Kemudian Allah memberi wahyu agar Nabi Adam berpuasa selama tiga hari.

Pada saat menjalani puasa hari pertama, sepertiga badannya menjadi putih. Kemudian puasa kedua, setengah badannya bersih dan menjadi putih. Hingga puasa ketiga, di mana seluruh tubuh Nabi Adam menjadi putih.

Baca juga: Apa Itu Puasa Ramadhan

Bacaan niat puasa

Meski puasa Ayyamul Bidh bersifat sunnah, namun pahalanya tidak kalah besar. Bahkan Nabi Muhammad SAW membiasakan diri berpuasa Ayyamul Bidh.

Halaman:

25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar
Close Ads X