Kompas.com - 24/02/2021, 19:45 WIB
Baju Bodo Sulawesi Selatan Tribunnews.comBaju Bodo Sulawesi Selatan
Penulis Ari Welianto
|

KOMPAS.com - Baju Bodo merupakan pakaian adat suku Bugis-Makassar yang berasal dari Provinsi Sulawesi Selatan.

Baju adat tersebut dikenal sebagai salah satu busana tertua di dunia.

Dilansir dari situs Pemerintah Provinsi Sulawesi Selatan, Baju bodo adalah baju adat bagi perempuan Sulawesi Selatan yang dipakai sebagai pakaian kebesaran setiap acara.

Dalam dunia pendidikan, baju adat ini ada disetiap sekolah.

Baju adat tersebut juga sering dipakai dalam upacara pernikahan. Bahkan pada saat ini baju adat Bodo dipakai untuk menari dalam berbagai festival.

Bentuk Baju Bodo

Dikutip dari situs Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemdikbud), Baju bodo adalah pakaian adat tradisional perempuan Bugis, Sulawesi Selatan.

Baca juga: Baju Sangkurat, Pakaian Adat Kalimantan Tengah

Baju bodo berbentuk segi empat, biasanya berlengan pendek, yaitu setengah atas bagian siku lengan.

Ini sesuai dengan namanya "bodo" yang memiliki arti pendek. Dulu Baju Bodo dipakai tanpa baju dalaman sehingga memperlihatkan payudara dan lekuk-lekuk dada pemakainya dan dipadukan dengan sehelai sarung yang menutupi bagian pinggang ke bawah badan.

Dengan masuknya Islam di daerah tersebut, baju Bodo yang awal memperlihatkan aurat mengalami perubahan.

Di mana dipasangkan dengan baju dalaman berwarna sama, namun lebih terang. Sedangkan busana bagian bawahnya berupa sarung sutera berwarna senada.

Halaman Selanjutnya
Halaman:

Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X