Kompas.com - 24/02/2021, 16:20 WIB
Pakaian Adat Sangkarut Kalimantan Tengah Pemerintah Provinsi Kalimantan TengahPakaian Adat Sangkarut Kalimantan Tengah
Penulis Ari Welianto
|

KOMPAS.com - Baju Sangkarut merupakan pakaian adat yang menjadi ciri khas Provinsi Kalimantan Tengah.

Baju Sangkarut adalah baju tradisional masyarakat Suku Dayak Ngaju yang mendiami di wilayah Kalimantan Tengah.

Dilansir dari situs Pemerintah Provinsi Kalimantan Tengah, Baju Sangkarut dikenal juga Baju Basulau merupakan rompi yang dilapisi oleh sulau (kerang).

Sangkarut berasal dari kata "sangka" yang artinya pembatas. Di mana memiliki filosofi jika baju tersebut bisa membatasi dan menangkal setiap gangguan roh halus yang akan datang pada pemakaian.

Selain itu baju Sangkarut juga dipercaya bisa melindungi pemakaianya dari pengaruh orang-orang jahat.

Baca juga: Baju Kustin, Pakaian Adat Kalimantan Timur

Bahan baju Sangkarut

Baju adat Suku Dayak Ngaju tersebut terbuat dari bahan yang mengandung serat daun nanas, serat daun lemba, serat tenggang, dan serat nyamu.

Kulit nyamu (kulit daun lemba) merupakan kulit tumbuhan pinang puyuh yang banyak ditemukan di ekosistem hutan hujan tropis, seperti di Kalimantan.

Kulit tersebut memiliki struktur yang keras dan berserat, sehingga bisa dirajut dan dibentuk layaknya rompi.

Fungsi baju Sangkarut

Umumnya baju Sangkarut dipakai untuk perang. Di mana dengan memakai bahan-bahan azimat, orang yang memakai baju tersebut kebal akan senjata tajam atau senjata api.

Menurut sejarah, pada perang di Kuta Bataguh, kesatria Dayak Ngaju menggunakan baju tersebut dalam menghadapi pasukan musuh dari Negeri Sawang.

Baca juga: King Baba dan King Bibinge, Pakaian Adat Kalimantan Barat

Halaman Selanjutnya
Halaman:

Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X