Kompas.com - 24/02/2021, 19:49 WIB
Ilustrasi senam aerobik freepik.com/javi_indyIlustrasi senam aerobik

KOMPAS.com - Senam irama merupakan senam yang dilakukan dengan iringan musik. Salah satu kategori senam irama adalah senam aerobik.

Dalam buku Mengenalkan Teknik Senam Dasar (2012) oleh Haryanto, aerobik berasal dari kata aero yang artinya oksigen.

Senam aerobik adalah serangkaian gerak yang dipilih secara sengaja dengan cara mengikuti irama musik yang dipilih. Sehingga melahirkan ketentuan ritmis, kuntinuitas, dan durasi tertentu.

Senam aerobik merupakan gabungan antara rangkaian gerak dan musik yang dibuat sehingga muncul keselarasan antara gerakan dan musik untuk tujuan tertentu.

Baca juga: Unsur-Unsur Senam Irama

Sejarah senam aerobik

Senam aerobik di bawakan oleh dr. Kennerh Cooper pada tahun 1960-an. Kemudian pada 1970-an tarian aerobik menjadi tarian yang populer.

Saat itu, sekelompok orang mempelajari tarian dalam kangka waktu sekitar enam sampai delapan minggu. Tarian tersebut dilakukan di pusat-pusat rekreasi, tempat kebugaran, dan sekolah-sekolah.

Seiring berkembangnya jaman aerobik menjadi terkenal dan masuk dalam kategori senam. Bahkan sekarang aerobik bisa dilakukan secara individual.

Pada 1980-an, senam aerobik mulai dikompetisikan ditingkat nasional dan internasionaldengan sebutan fitaerobics serta nomor yang dipertandingkan hanya satu, yaitu individu putra dan putri.

Berkembang jumlah organisasi membuat nama fitaerobics berganti menjadi aerobic competitive pada 1990-an. Peraturan perlombaan diperbaiki dari kemampuan fisik atau teknik.

Baca juga: Macam-Macam Langkah dalam Senam Irama

Kategori perlombaan juga meningkat yaitu berpasangan dan trio. Aerobic competitive diatur oleh International Aerobics Federation (IAF) yang berpusat di Tokyo.

Halaman:

Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X