Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Pengertian Kewarganegaraan Digital dan Faktor Kunci

KOMPAS.com - Setiap warga digital memiliki kewajiban yang harus terpenuhi, membantu pemanfaatan teknologi dan mengikuti aturan yang berlaku. 

Dilansir dari situs Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia, pengertian kewarganegaraan digital adalah norma-norma yang seusia, serta perilaku yang bertanggung jawab dalam penggunaan teknologi informasi. 

Dalam kualifikasi sebagai warga digital, seseorang biasanya memiliki keterampilan yang luas, pengetahuan, dan akses menggunakan internet melalui komputer, ponsel, dan perangkat informasi lainnya. 

Kewarganegaraan digital membuat setiap warga digital menggunakan teknologi dengan baik dan bertanggung jawab seperti halnya di kehidupan nyata. 

Konsep kewarganegaraan digital akan membantu warga negara dalam memanfaatkan teknologi informasi dengan benar. Mengingat saat ini banyak oknum yang menyalahgunakan penggunaan teknologi informasi. 

Faktor kunci membentuk kewarganegaraan digital 

Dilansir dari buku Framework Pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan Abad 21 (2019) oleh Verbena Ayuningsih Purbasari, dan teman-teman, menjadi warga negara digital adalah hal penting saat ini. 

Dalam pendidikan ada beberapa fitur kunci untuk membuat siswa menjadi warga negara digital untuk melihat sasaran kewarganegaraan digital abad ke-21. 

Berikut faktor kunci membentuk kewarganegaraan digital, khususnya bagi pelajar, yaitu: 

https://www.kompas.com/skola/read/2022/06/07/180000869/pengertian-kewarganegaraan-digital-dan-faktor-kunci-

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke