Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tampil Menarik Baik untuk Kesehatan Mental, Kok Bisa?

Kompas.com - 18/03/2024, 12:00 WIB
Annisa Fakhira Mulya Wahyudi,
Resa Eka Ayu Sartika

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Kata berpenampilan menarik sering disalahartikan di kalangan masyarakat. Banyak orang berpikir menarik berarti seseorang yang putih, tinggi, dan kurus.

Ketika mendengar kata berpenampilan menarik, beberapa orang mungkin menganggap hal tersebut terlalu berorientasi pada fisik. Padahal faktanya, Anda dapat tampil menarik dengan apa yang Anda kenakan.

Baca juga: Ternyata, Narsis Tanda Anda Tak Bahagia dengan Penampilan Sendiri

Berpenampilan menarik adalah tentang bagaimana Anda mempresentasikan diri secara fisik dan non-fisik.

Ini bukan hanya tentang memiliki wajah yang cantik atau tubuh yang ideal, tetapi juga tentang memiliki rasa percaya diri, sikap positif, dan perilaku yang baik.

Penampilan Menarik dan Kesehatan Mental

Untuk merepresentasikan penampilan menarik dapat dimulai dengan perawatan tubuh luar dan dalam.

Selain meningkatkan penampilan fisik, mengembangkan kepribadian, karakter, dan pikiran merupakan langkah tepat untuk memberikan kesan berpenampilan menarik.

Hal-hal sederhana seperti melakukan perawatan wajah, merawat rambut, atau berolahraga dapat meningkatkan kepercayaan diri.

Perawatan diri bukanlah kesia-siaan. Hal tersebut bermanfaat bagi kesehatan fisik dan batin seseorang.

Jangan melakukan perawatan diri demi orang lain. Lakukan karena ingin meningkatkan diri, mengembangkan kepercayaan diri, dan menjaga diri sendiri.

Tidak peduli berapa usia Anda berpenampilan menarik dan merasa nyaman akan selalu bermanfaat. Penelitian menunjukkan bahwa jika seseorang menarik, kemungkinan besar orang tersebut akan bahagia. 

“Jika Anda menarik, kemungkinan besar Anda akan bahagia dalam hidup. Orang yang berpenampilan lebih baik akan lebih bahagia,” ungkap Daniel Hamermesh, Profesor Ekonomi di Universitas Texas di Austin dikutip dari CBS News.

Baca juga: Cukup Tidur Bikin Cantik, Kurang Tidur Perburuk Penampilan

Dengan bahagia tersebut kesehatan mental Anda juga akan lebih terjamin.

Bagaimana Cara Terlihat Berpenampilan Menarik

Dikutip dari The British Psychological Society, cukup mudah untuk menjadi berpenampilan menarik. Beberapa langka yang bisa Anda perhatikan yaitu:

1. Olahraga

Aktif secara fisik dapat membantu Anda merasa nyaman dan terlihat enak dipandang. Hal tersebut seharusnya sudah memotivasi Anda untuk berolahraga secara teratur.

2. Memanjakan diri

Memanjakan diri di sini dapat berarti merawat kuku, pergi ke salon untuk creambath, memakai masker wajah, atau sekedar membeli pakaian olahraga baru agar lebih bersemangat saat berolahraga.

Halaman:

Artikel ini merupakan bagian dari Lestari KG Media, sebuah inisiatif untuk akselerasi Tujuan Pembangunan Berkelanjutan. Selengkapnya

A member of
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com