Cacing Kecil Penghuni Chernobyl Ini Kebal Radiasi Nuklir

Kompas.com - 09/03/2024, 11:00 WIB
Monika Novena,
Resa Eka Ayu Sartika

KOMPAS.com - Sebuah studi baru mengungkapkan cacing yang menghuni Chernobyl Exclusion Zone (CEZ) tidak terpengaruh sama sekali dengan tingkat radiasi yang berasal dari Pembangkit Listrik Tenaga Nuklir Chernobyl.

Temuan ini didapat setelah peneliti menganalisis genom cacing mikroskopis.

Baca juga: Adaptasi Hewan, Serigala di Chernobyl Punya Kemampuan Anti-kanker

Mereka menemukan bahwa DNA mahluk tersebut tetap tidak berubah meski telah terpapar pada tingkat radiasi pengion yang dianggap berbahaya.

"Bencana tahun 1986 di Pembangkit Listrik Tenaga Nuklir Chernobyl mengubah wilayah sekitarnya menjadi lanskap paling radioaktif yang diketahui di planet ini," tulis para peneliti dalam studinya.

Mengutip IFL Science, Kamis (7/3/2024) hampir 40 tahun berlalu, wilayah sepanjang 30 kilometer di sekitar lokasi masih ditinggalkan karena tingginya tingkat radiasi.

Namun masih tidak jelas bagaimana dampaknya terhadap mahluk hidup di sekitarnya.

Untuk menyelidikinya tim peneliti mengumpulkan 15 nematoda dari berbagai wilayah CEZ dan membandingkan genomnya dengan lima cacing lain dari spesies yang sama dari berbagai belahan dunia.