Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Apa yang Terjadi jika Manusia Bergerak dengan Kecepatan Cahaya?

Kompas.com - 17/02/2024, 18:12 WIB
Lulu Lukyani

Penulis

KOMPAS.com - Kecepatan cahaya adalah kecepatan rambat gelombang cahaya melalui material yang berbeda. Secara khusus, nilai kecepatan cahaya dalam ruang hampa ditetapkan 299.792.458 meter per detik.

Kecepatan cahaya dianggap sebagai konstanta alam yang mendasar. Maknanya jauh lebih luas dibandingkan perannya dalam menggambarkan sifat gelombang elektromagnetik.

Kecepatan berfungsi sebagai satu-satunya batas kecepatan di alam semesta, menjadi batas atas kecepatan rambat sinyal dan kecepatan semua partikel material. Dalam persamaan relativitas, kecepatan cahaya berfungsi sebagai konstanta proporsionalitas, menghubungkan konsep massa dan energi yang sebelumnya berbeda.

Bergerak dengan kecepatan cahaya

Pertama, mari kita asumsikan bahwa manusia bisa bergerak dengan kecepatan cahaya. Tidak ada masalah, jika seseorang bergerak dengan kecepatan konstan yang sangat cepat. Manusia tidak bisa merasakan kecepatan konstan, jadi kita bahkan tidak menyadari bahwa kita bergerak secepat itu.

Baca juga: Kenapa Waktu Berubah Saat Mendekati Kecepatan Cahaya?

Masalah terbesarnya adalah akselerasi. Terlalu banyak gaya percepatan dapat melukai, dan bahkan membunuh kita. Menurut Michael Pravica, profesor fisika di Universitas Nevada, Las Vegas, pada akselerasi tinggi, darah akan kesulitan memompa ke ekstremitas.

Kebanyakan manusia dapat menangani gaya percepatan sekitar empat sampai enam kali gaya gravitasi untuk jangka waktu singkat. Ketika gaya gravitasi meningkat, kemampuan tubuh untuk mengedarkan darah dari kaki ke kepala menjadi terbatas.

Ketika darah mulai menggenang, kita akan pingsan, dan jika kekuatan tersebut tidak berkurang atau berhenti, kota pada akhirnya akan mati karena tubuh kekurangan oksigen yang diangkut oleh darah ke seluruh tubuh.

Pilot pesawat tempur yang mengalami gaya gravitasi tingkat tinggi diajari teknik agar tidak pingsan, seperti menegangkan otot di ekstremitas mereka, dan mereka menggunakan pakaian khusus untuk menahan beban hingga 9 gaya gravitasi dalam waktu singkat.

Baca juga: Berapa Kecepatan Cahaya?

Namun, jika kita berakselerasi ke kecepatan cahaya dalam beberapa detik, kita akan hancur ketika gaya lebih dari 6.000 g menghantam kita.

Pravica mengatakan, mencapai kecepatan setinggi itu ternyata mustahil. Manusia tidak bisa melaju dengan kecepatan cahaya, mengingat massanya yang terbatas.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com