Cincin Saturnus Ternyata Jauh Lebih Muda, Studi Jelaskan

Kompas.com - 13/05/2023, 20:00 WIB
Holy Kartika Nurwigati Sumartiningtyas

Penulis

Sumber PHYSORG

KOMPAS.com - Cincin Saturnus adalah salah satu ciri khas unik planet ini. Studi yang baru-baru ini dilakukan, mengungkapkan bahwa cincin Saturnus berusia lebih muda dari yang diperkirakan sebelumnya.

Studi ini dipimpin oleh fisikawan Sascha Kempf di University of Colorado Boulder. Melalui studi tersebut, ia memberikan bukti kuat bahwa usia cincin Saturnus sangat muda.

Dalam studi yang dipublikasikan pada 12 Mei 2023 di jurnal Science Advances, seperti dikutip dari Phys, Sabtu (13/5/2023) peneliti mematok usia cincin Saturnus tidak lebih dari 400 juta tahun.

Usia tersebut membuat cincin planet tersebut jauh lebih muda dari usia Saturnus yakni sekitar 4,5 miliar tahun.

"Di satu sisi, kami telah menyelesaikan pertanyaan yang dimulai dengan James Clerk Maxwell," kata Kempf, profesor asosiasi di Laboratorium Fisika Atmosfer dan Luar Angkasa (LASP) di CU Boulder.