Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Foto Termal Ungkap Cincin Uranus Tak Seperti di Tata Surya

Kompas.com - 11/04/2020, 20:02 WIB
Monika Novena,
Holy Kartika Nurwigati Sumartiningtyas

Tim Redaksi


KOMPAS.com- Meski Uranus punya cincin seperti Saturnus, ternyata struktur cincin planet ini ini tidak seperti yang ada di Tata Surya

Selama ini kita mengenal Saturnus sebagai satu-satunya planet bercincin di Tata Surya. Cincin Saturnus mungkin paling mencolok, dibandingkan cincin Uranus, Jupiter maupun Neptunus. 

Foto termal, astronom berhasil mengabadikan sekitar 13 cincin yang mengitari Uranus. Bahkan, astronom ini juga menangkap 4 cincin pada Jupiter serta 5 cincin pada Neptunus.

Tak seperti cincin Saturnus yang memang mudah terlihat, cincin pada ketiga planet tersebut hanya dapat dilihat melalui teleskop yang kuat.

Baca juga: Gambar Thermal Ungkap Wujud Cincin Planet Uranus yang Tak Kasat Mata

Di antara temuan itu, astronom menemukan sesuatu hal yang menarik pula pada cincin Uranus.

Dalam penelitian yang telah dipublikasikan dalam The Astrophysical Journal ini, cincin utama yang mengelilingi planet yang disebut cincin epsilon ini berbeda dengan yang ditemukan di Tata Surya.

Sebelumnya, astronom memang tak banyak tahu mengenai cincin Uranus. Ini karena hanya sedikit yang memantulkan cahaya dan cenderung sangat redup.

Baca juga: Astronom: Bau Planet Uranus Seperti Telur Busuk

Jadi peneliti cukup terkejut saat mendapati cincin yang muncul dalam foto termal, ketika melakukan penelitian struktur suhu atmosfer planet.

"Kami kagum melihat cincin (Uranus) terlihat dengan jelas," ungkap Leigh Fletcher, astronom dari University of Leicester, seperti dikutip dari Science Alert, Jumat (10/4/2020).

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com