Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 13/05/2023, 09:00 WIB
Lulu Lukyani

Penulis

KOMPAS.com - Memperhatikan kesehatan kucing secara keseluruhan sangat penting dilakukan saat kita merawat hewan berbulu ini. Salah satu aspek yang tidak boleh luput adalah kesehatan gigi dan mulut.

Dikutip dari Discover Magazine, menurut Feline Health Center di Fakultas Kedokteran Hewan, Universitas Cornell, antara 50 dan 90 persen kucing yang berusia lebih dari empat tahun mengalami beberapa penyakit gigi. 

Selain kehilangan gigi, gusi yang sakit dapat membuat kucing kita sulit makan, yang menyebabkan lebih banyak masalah kesehatan.

Jadi, apa yang harus kita lakukan untuk menjaga kesehatan gigi kucing?

Baca juga: Mengapa Kucing Suka Tidur di Atas Laptop?

Biasakan kucing untuk sikat gigi

Seperti manusia, kucing membutuhkan perawatan gigi secara rutin untuk membantu mengurangi plak dan mencegah penumpukan karang gigi. 

Dilansir dari VCA Animal Hospital, membiasakan kucing dengan aktivitas menyikat gigi akan membutuhkan beberapa pelatihan, tetapi akan relatif mudah setelah mereka terbiasa dengan proses tersebut. 

Menyikat gigi kucing setiap hari paling bermanfaat dan akan membantu membangun rutinitas. Menyikat minimal 3 kali seminggu juga sangat membantu jika tidak memungkinkan untuk menyikat gigi kucing setiap hari.

Pilihan yang terbaik adalah membiasakan kucing dengan sikat gigi saat mereka masih anak kucing. Pada kucing yang lebih tua, proses pembiasaannya mungkin memakan waktu sedikit lebih lama.

Baca juga: Apakah Kucing dan Anjing Bisa Alergi terhadap Manusia?

Selain membiasakan kucing untuk sikat gigi, bawa kucing ke dokter hewan sekali atau dua kali setahun untuk pemeriksaan dan pembersihan gigi. 

Mainan kunyah juga bisa membantu menjaga kesehatan gigi hewan. Beberapa di antaranya memiliki pola seperti jaring yang berfungsi mengikis plak saat kucing mengunyahnya.

Singkatnya, menyikat gigi secara teratur adalah ide yang baik untuk menjaga kesehatan gigi kucing. Minta bantuan profesional jika tidak memungkinkan untuk melakukannya di rumah.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com