Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 11/01/2023, 20:00 WIB
Lulu Lukyani

Penulis

Sumber AZ Animals

KOMPAS.com - Beberapa jenis serangga dapat menyengat dan, terlepas dari ukurannya, sengatan serangga bisa sangat menyakitkan. 

Salah satunya, ada serangga yang sengatannya menyebabkan rasa sakit yang begitu parah yang berlangsung selama 24 jam. 

Berikut adalah daftar 5 sengatan hewan paling menyakitkan, dilansir dari AZ Animals.

1. Semut peluru

Semut peluru adalah hewan yang sengatannya paling menyakitkan. Meskipun tidak agresif, semut peluru dapat menyengat jika mereka mempertahankan sarangnya atau merasa terancam.

Sengatan semut peluru berada di puncak indeks nyeri sengatan Schmidt, yakni dengan angka 4.0+.

Baca juga: Apa Hewan Paling Berbisa di Laut?

Orang-orang yang pernah disengat semut peluru mengatakan rasa sakitnya seperti ditembak dan bertahan hingga 24 jam. Selain nyeri, sengatan semut peluru dapat menyebabkan edema (retensi cairan), takikardia (detak jantung tidak normal), limfadenopati (pembesaran kelenjar getah bening), dan darah segar pada feses.

2. Tarantula elang

Tarantula elang adalah tawon laba-laba pepsin yang memangsa tarantula. Meskipun berukuran kecil, serangga ini memiliki sengatan paling menyakitkan kedua di dunia.

Sengatan tarantula elang memiliki indeks nyeri sengatan Schmidt sebesar 4.0. Untungnya, rasa sakit yang luar biasa tersebut tidak berlangsung lama dan racunnya tidak terlalu berbahaya bagi manusia. 

3. Tawon prajurit

Tawon prajurit adalah serangga agresif dan teritorial yang memiliki sengatan paling menyakitkan ketiga di dunia.

Baca juga: 4 Hewan yang Paling Banyak Makan, Ada yang Harus Makan 15 Menit Sekali

Sengatan tawon prajurit, dengan indeks nyeri sengatan Schmidt sebesar 4.0, digambarkan seperti arus listrik yang menyengat. 

Setelah tersengat, korban mungkin merasa panas dan pusing. Area yang disengat pun akan menjadi bengkak, merah, dan mungkin terasa gatal. 

Namun, meskipun sengatannya sangat menyakitkan, ini tidak terlalu berbahaya bagi manusia kecuali jika menyebabkan infeksi sekunder atau reaksi alergi yang parah.

4. Semut beludru

Di antara ribuan spesies, semut beludru D. asymutilla klugii mendapat peringkat 3.0 untuk indeks nyeri senhatan Schmidt.

Gigitan semut beludru menyebabkan pembengkakan dan kemerahan. Awalnya, korban akan merasa seperti disengat lebah, namun rasa sakitnya perlahan akan meningkat. 

Baca juga: 7 Fakta Cheetah, Hewan Paling Cepat di Dunia

Selain itu, orang yang tersengat dapat mengalami mual, muntah, kebingungan, dan sakit kepala. Jika sesak napas, mengi, atau gatal-gatal muncul setelahnya, segera cari bantuan medis.

5. Tawon kertas

Sengatan hewan paling menyakitkan berikutnya datang dari tawon kertas. Serangga ini dikenal karena sengatnya yang sangat kuat dan menyakitkan. 

Namun, tawon kertas dianggap tawon damai yang menyerang hanya jika merasa terancam.

Penelitian telah menunjukkan bahwa tawon kertas dengan tubuh yang lebih cerah memiliki kelenjar racun yang lebih besar. Ini menunjukkan bahwa toksisitas racunnya mungkin bergantung pada warnanya.

Sengatan tawon kertas dapat menyebabkan pembengkakan, kemerahan, gatal, dan panas di area yang terkena sengatan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com