Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Telur Hewan Paling Besar di Dunia, Beratnya Lebih dari 1 Kg

Kompas.com - 02/01/2023, 13:00 WIB
Lulu Lukyani

Penulis

Sumber AZ Animals

KOMPAS.com - Ada banyak sekali hewan yang berkembang biak dengan cara bertelur.

Biasanya, induk hewan akan mengerami atau menjaga telur-telurnya hingga menetas.

Telur-telur hewan ini memiliki ukuran yang bervariasi, ada yang sangat kecil dan ada pula yang satu butirnya saja mencapai berat 1 kg.

Telur hewan paling besar

Telur hewan paling besar adalah telur burung unta. Rata-rata telur burung unta memiliki berat sekitar 1,3 kg, setara dengan sekitar 24 butir telur ayam. Telur burung unta juga panjangnya sekitar 15 cm.

Dilansir dari AZ Animals, meski telur burung unta lebih besar dari telur hewan lain, ukurannya masih sangat kecil jika dibandingkan dengan induk burung unta. 

Baca juga: 7 Hewan Paling Setia di Dunia, dari Angsa hingga Serigala

Telur burung unta hanya 2 persen dari berat badan induknya. Sebagai perbandingan, rata-rata bayi manusia yang baru lahir adalah sekitar 5 persen dari berat badan ibunya.

Selain itu, para ilmuwan menemukan bahwa telur terbesar ini ini rata-rata hanya mengandung sekitar 27 persen kuning telur, dengan 54 persen albumen dan 19 persen cangkang. 

Telur burung unta memiliki persentase kuning telur yang lebih rendah dibandingkan dengan telur hewan lain. Misalnya, telur ayam memiliki sekitar 35 persen kuning telur saat pertama kali dierami.

Mengingat kuning telur merupakan sumber nutrisi utama bagi embrio, persentase kuning telur yang rendah menjadi penyebab anak burung unta sangat bergantung pada induknya dalam waktu yang relatif lama, yakni sekitar dua bulan.

Baca juga: Mengenal Katak Racun Emas, Termasuk Hewan Paling Beracun di Bumi

Bagaimana cara burung unta bertelur?

Setelah burung unta jantan dan betina kawin, pejantan akan menggali lubang yang dangkal.

Kemudian, burung unta betina akan bertelur di lubang tersebut. Telur betina akan berada di tengah lubang, yang merupakan tempat optimal untuk pertumbuhan telur.

Kemudian, betina mengerami semua telur yang ada di lubang tersebut. 

Jika ada betina lain yang bertelur di lubang tersebut, betina burung unta yang dominan akan membuang telur dari betina yang lebih lemah sehingga tersisa sekitar 20 telur.

Baca juga: Kuda Nil Diusulkan Masuk Daftar Hewan Paling Terancam Punah di Dunia

Diperlukan waktu sekitar 36 hingga 45 hari untuk telur burung unta siap menetas. 

Begitu anak burung unta menetas, sebenarnya pejantan yang merawat mereka. Jika dua pejantan burung unta berpapasan, mereka akan bertarung dan pemenangnya akan mengambil bayi milik pejantan yang kalah.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Sumber AZ Animals
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com