Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Apa Itu Ikan Arapaima yang Sering Viral Saat Ditemukan Warga?

Kompas.com - 28/10/2022, 20:02 WIB
Holy Kartika Nurwigati Sumartiningtyas

Penulis


KOMPAS.com - Salah satu jenis ikan air tawar, ikan arapaima, kerap menjadi viral saat ditemukan warga di kolam, sungai atau danau. Lantas, apa itu ikan arapaima?

Ikan arapaima dikenal juga sebagai paiche atau pirarucu, dikutip dari National Geographic, Jumat (26/10/2022). Habitat ikan arapaima aslinya adalah di aliran sungai hutan hujan di Cekungan Amazon, Amerika Selatan dan danau serta rawa di dekatnya.

Ikan arapaima adalah salah satu jenis ikan air tawar terbesar di dunia, karena dapat tumbuh hingga 15 kaki atau lebih dari 4,5 Meter dengan berat yang bisa mencapai lebih dari 181 Kg.

Kendati jarang dilaporkan ditemukan ikan arapaima (Arapaima gigas) sebesar itu, namun secara umum ikan arapaima terbesar biasanya ditemukan dengan berat 200 pon atau sekitar 90 Kg dengan panjang hampir 2 Meter.

Ciri ikan Arapaima gigas

Arapaima memiliki kepala yang meruncing, berwarna sisik hijau tembaga, mulut terbalik dan tubuh dipenuhi sisik. Sirip punggung ikan arapaima membentang di sepanjang punggung mereka ke arah ekor yang berwarna merah.

Di Brasil, ikan arapaima dikenal dengan nama pirarucu, yang berasal dari bahasa Tupi yang berarti "ikan merah".

Baca juga: Video Viral Ikan Raksasa Arapaima Ditemukan Warga Garut, Apakah Berbahaya?

Ikan Arapaima gigas bertahan di dalam air selama 10 hingga 20 menit, dan mereka cenderung tinggal di permukaan air sebelum muncul untuk bernapas.

Ikan air tawar ini biasanya tinggal di dekat permukaan air sebelum muncul untuk bernapas, menggunakan kantung renang yang dimodifikasi yang membuka mulut dan bertindak sebagai paru-paru.

Makanan ikan Arapaima gigas

Ikan arapaima adalah ikan raksasa Amerika Selatan yang menggunakan strategi makan yang disebut "gulper", yakni dengan membuka mulutnya yang besar, ikan ini akan membuat ruang hampa yang akan menarik benda-benda makanan di dekatnya.

Memiliki tubuh yang besar dan panjang, apa makanan ikan Arapaima?

Arapaima dapat bertahan hidup tak hanya dengan makan ikan, tetapi mereka juga bisa memakan buah-buahan, biji-bijian dan serangga.

Ikan Arapaima gigas juga disebut predator ganas, karena dengan semburan kecepatan pendek untuk melompat keluar dari air, ikan ini bisa melompat hanya untuk menerkam burung, kadal dan bahkan primata kecil dari pohon yang tergantung rendah.

Baca juga: Penemuan Viral Ikan Arapaima Raksasa yang Bikin Geger Warga Tangerang, Ikan Apa Itu?

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com