Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Rempah-rempah untuk Memperlancar Haid yang Tidak Teratur

Kompas.com - 28/10/2022, 19:32 WIB
Lulu Lukyani

Penulis

KOMPAS.com - Siklus menstruasi biasanya berlangsung selama 28 hari, tetapi ini bisa bervariasi antar individu dan dari bulan ke bulan.

Menstruasi masih dianggap lancar jika siklusnya berlangsung selama 24 hingga 38 hari. 

Menstruasi dianggap tidak teratur jika waktu antar periode terus berubah dan menstruasi datang lebih awal atau lebih lambat.

Ada beberapa cara untuk memperlancar menstruasi yang tidak teratur, salah satunya dengan mengonsumsi rempah-rempah tertentu.

Meski demikian, menstruasi yang tidak teratur harus diperiksakan pada dokter untuk mengetahui penyebabnya sehingga bisa mendapatkan perawatan yang sesuai.

Baca juga: 4 Obat Herbal Pelancar Haid

Rempah untuk memperlancar haid

Dilansir dari Healthline, berikut adalah rempah yang dapat memperlancar haid.

1. Jahe

Jahe digunakan sebagai obat rumahan untuk mengobati menstruasi yang tidak teratur, tetapi tidak ada studi ilmiah yang membuktikannya. 

Di samping itu, jahe ternyata memiliki manfaat lain terkait menstruasi, terutama terkait meredakan nyeri.

Sebuah studi klinis tahun 2014 terhadap 92 wanita dengan perdarahan menstruasi berat menunjukkan bahwa suplemen jahe setiap hari dapat membantu mengurangi jumlah darah yang hilang selama menstruasi.

Mengonsumsi 750 hingga 2.000 mg bubuk jahe selama 3 atau 4 hari pertama menstruasi juga telah terbukti menjadi pengobatan yang efektif untuk menstruasi yang menyakitkan.

Baca juga: Manfaat Yoga untuk Memperlancar Haid Menurut Penelitian

Penelitian tahun 2014 menemukan bahwa mengonsumsi jahe selama 7 hari sebelum menstruasi dapat meredakan gejala sindrom pramenstruasi (PMS). 

2. Kayu manis

Kayu manis tampaknya bermanfaat untuk berbagai masalah menstruasi.

Penelitian dari tahun 2014 menemukan, kayu manis dapat membantu mengatur siklus menstruasi dan bahkan bisa menjadi pilihan pengobatan untuk wanita dengan PCOS, meskipun penelitian yang membuktikannya melibatkan sedikit peserta.

Kayu manis juga telah terbukti secara signifikan mengurangi nyeri haid dan pendarahan serta meredakan mual dan muntah yang berhubungan dengan dismenore primer.

Baca juga: 5 Cara Memperlancar Haid dengan Pola Makan

Kayu manis umumnya dianggap sebagai pengobatan alami yang aman dan efektif untuk wanita muda dengan dismenore primer.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com