Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

5 Penyebab Darah Haid Hitam, Bisa Normal atau Berbahaya

Kompas.com - 29/06/2022, 16:33 WIB
Nadia Faradiba

Penulis

KOMPAS.com - Beberapa wanita mungkin pernah mengalami darah haid hitam. Darah haid hitam bisa jadi normal atau justru tanda masalah yang lebih serius. Mari kita bahas penyebab darah haid hitam dan cara membedakannya jika itu adalah hal yang normal atau tidak.

Dilansir dari Healthline, berikut adalah penyebab darah haid hitam:

1. Awal atau akhir menstruasi

Aliran darah menstruasi pada awal dan akhir siklus biasanya lebih lambat. Darah membutuhkan waktu yang lebih lama untuk keluar dari tubuh sehingga sempat mengalami oksidasi dan berubah warna menjadi hitam atau coklat.

Darah hitam pada awal menstruasi juga bisa merupakan sisa darah menstruasi siklus sebelumnya yang menempel pada dinding rahim dan baru keluar. Darah haid hitam yang satu ini merupakan hal yang normal dan tidak perlu dikhawatirkan.

2. Awal kehamilan

Perdarahan ringan pada awal kehamilan adalah hal yang normal. Perdarahan ringan biasanya terjadi pada hari-hari dimana harusnya Anda mengalami menstruasi. Perdarahan ringan tersebut merupakan tanda Anda mengalami proses implantasi sel telur yang telah dibuahi ke dinding rahim.

Perdarahan ringan ini merupakan tanda kehamilan jika diiringi tidak adanya menstruasi setelahnya, sering buang air kecil, mudah lelah, mual, dan dada terasa bengkak dan sakit.

3. Benda asing yang tertinggal

Darah haid hitam yang disebabkan adanya benda asing tertinggal adalah tidak normal. Benda asing yang mungkin tertinggal di dalam vagina adalah kondom dan tampon. Tanda jika ini adalah darah yang tidak normal ditandai dengan bau darah yang menyengat, gatal di vagina, bengkak dan ruam di sekitar alat genital, demam, serta gangguan buang air kecil.

4. Penyakit menular seksual

Penyakit menular seksual, seperti gonore dan klamidia mungkin menyebabkan darah haid berwarna hitam serta keluar cairan yang tidak biasa. Darah haid hitam akibat penyakit menular seksual bisa dibedakan dengan adanya bau yang tidak enak, perdarahan ketika atau setelah berhubungan seksual, nyeri ketika buang air kecil, nyeri pinggul, dan darah mungkin keluar di luar siklus menstruasi.

Baca juga: Makanan dan Minuman yang Tidak Boleh Dikonsumsi Saat Haid

5. Keguguran

Darah haid hitam juga bisa menjadi tanda keguguran atau embrio berhenti berkembang di dalam rahim, namun tidak keluar dari rahim. Biasanya ini terjadi pada kehamilan di atas 4 minggu dan sebelum 10 minggu. Darah haid hitam akibat keguguran biasanya disertai kram di sekitar pinggul dan rasa ingin pingsan.

Jika kamu mengalami darah haid hitam dan ragu apakah itu normal atau tidak, periksakan dirimu ke dokter untuk mengetahui penyebabnya, ya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com