Kompas.com - 29/06/2022, 12:02 WIB

KOMPAS.com - Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) memantau adanya dua bibit siklon tropis di dekat Indonesia.

Dikatakan Deputi Bidang Meteorologi BMKG, Guswanto, bibit siklon tropis 97W terpantau di Laut Cina Selatan, dan bibit siklon tropis 98W terpantau di Samudra Pasifik timur Filipina.

Kemudian, di wilayah Indonesia sirkulasi siklonik terpantau di perairan timur Sulawesi yang membentuk daerah konvergensi yang memanjang dari Sulawesi Tenggara hingga Sulawesi bagian tengah, dan di Maluku.

Daerah konvergensi lain juga terpantau memanjang dari Aceh hingga Sumatera Utara, dari Riau hingga Kepulauan Riau, dari Lampung hingga Jambi, di Kalimantan bagian utara, di Sulawesi Utara, di Papua Barat dan di Papua, serta daerah pertemuan angin (konfluensi) di Laut Jawa, Laut Banda, Laut Arafuru dan di Maluku bagian selatan.

Baca juga: Pemudik Diimbau Waspada Cuaca Ekstrem, Dampak Bibit Siklon Tropis pada Cuaca Jelang Lebaran

"Kondisi tersebut mampu meningkatkan potensi pertumbuhan awan hujan di sekitar bibit siklon tropis, sekitar sirkulasi siklonik dan di sepanjang daerah konvergensi atau konfluensi tersebut," kata Guswanto dalam keterangan tertulisnya, Selasa (28/6/2022).

Dengan adanya beberapa faktor pemicu cuaca ekstrem ini, sejumlah wilayah di Indonesia perlu mewaspadai peluang terjadinya hujan intensitas lebat yang dapat disertai angin kencang pada 29 hingga 30 Juni 2022.

Berikut daftar wilayah yang diimbau waspada akan potensi cuaca ekstrem berupa hujan lebat yang dapat disertai kilat atau petir dan angin kencang selama dua hari ke depan.

Baca juga: Siklon Tropis Surigae Menjauhi Indonesia, Tetap Waspada Cuaca Ekstrem

Halaman:
 
Pilihan Untukmu


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.