Kompas.com - 07/10/2022, 20:03 WIB

KOMPAS.com - Tumbukan asteroid pembunuh dinosaurus dikenal dengan dampaknya yang sangat luar biasa. Namun rupanya, sebelum itu ada tumbukan asteroid di Bumi yang skalanya lebih besar.

Asteroid itu menabrak Bumi sekitar 2 miliar tahun lalu. Dan berdasarkan ukuran kawah Vredefort di Afrika Selatan yang merupakan bekas tumbukan itu, peneliti memperkirakan ukuran asteroid dua kali lebih lebar dari asteroid yang memusnahkan dinosaurus.

Mengutip Live Science, Jumat (7/10/2022) kawah Vredefort yang terletak sekitar 120 kilometer barat daya Johannesburg, saat ini berdiameter 159 km.

Baca juga: Asteroid Pembunuh Dinosaurus Ciptakan Tsunami Setinggi 1,5 Kilometer

Itu lebih kecil dari kawah Chicxulub yang terkubur di bawah Semenanjung Yucatan Meksiko yang bediameter 180 km.

Kawah Chicxulub merupakan bekas tumbukan asteroid pembunuh dinosaurus yang menghantam Bumi pada akhir periode Kapur sekitar 66 juta tahun yang lalu.

Tapi peneliti punya alasan, mengapa saat ini kawah Vredefort ukurannya justru lebih kecil.

Menurut peneliti, kawah tumbukan perlahan terkikis seiring waktu yang membuatnya menyusut.

Selain erosi alami yang terjadi, penyusutan terjadi karena formasi batuan baru telah muncul di bagian atas kawah.

Akibatnya, sebagian besar struktur asli kawah tertutup oleh batuan yang lebih mudah, sehingga makin sulit untuk mengetahui seberapa besar kawah itu dulunya.

Sementara penelitian baru ini berfokus pada mineral di sekitar kawah, sehingga peneliti dapat melihat deformasi dan retakan kejutan kristal, seperti kuarsa dan zirkon yang disebabkan oleh dampak kuno dan demikan memperluas radius ledakan yang diketahui.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.