Kompas.com - 19/08/2022, 19:05 WIB

KOMPAS.com - Selama kita mengetahui bahwa kepunahan dinosaurus disebabkan oleh sebuah tumbukan asteroid besar yang menghantam Bumi sekitar 66 juta tahun lalu.

Namun, kini peneliti punya pendapat lain mengenai tumbukan asteroid yang menghantam planet ini.

Menurut mereka kepunahan dinosaurus bisa saja terjadi karena dampak dari dua tumbukan asteroid yang berbeda.

Hal tersebut terungkap setelah para peneliti melihat fitur yang nampak seperti kawah selebar 9 kilometer, ditemukan terkubur di bawah dasar laut dekat pantai Afrika barat.

Baca juga: Bagaimana Dinosaurus Mampu Menopang Tubuh Raksasanya?

Kawah itu diperkirakan terbentuk dari bongkahan yang pecah dari asteroid Chicxulub yang selama ini disebut sebagai pemusnah sebagian besar dinosaurus.

Dikutip dari New Scientist, Kamis (18/8/2022) Uisdean Nicholson peneliti dari Heriot-Watt University in Edinburgh, Inggris melihat fitur mirip kawah tersebut dalam data refleksi seismik yang didapat dari industri minyak dan gas.

Fitur mirip kawah yang kemudian dinamai kawah Nadir ini, terkubur di bawah 300 meter sedimen, di daerah di mana airnya sedalam 900 meter.

Menurut Nicholson, strukturnya memiliki semua fitur karakteristik kawah tumbukan, termasuk tepiannya yang terangkat dan tanda-tanda material yang dikeluarkan di luar kawah itu sendiri.

Pemodelan yang dilakukan oleh anggota tim Veronica Bray dari University of Arizona, Tucson kemudian menunjukkan, bahwa fitur memang terbentuk karena dampak asteroid berdiameter sekitar 400 meter.

Lebih lanjut, kawah Nadir tampaknya telah terbentuk sekitar 66 juta tahun yang lalu, bersamaan dengan kawah Chicxulub di Meksiko yang memiliki lebar 180 kilometer.

Halaman:
 
Pilihan Untukmu


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.