Kompas.com - 06/10/2022, 08:05 WIB

KOMPAS.com - Studi baru menemukan, asteroid yang menghantam Bumi 66 juta tahun lalu, rupanya tak hanya membunuh dinosaurus.

Dampak tumbukan itu juga memicu tsunami berukuran masif setinggi hingga 1,5 kilometer di Teluk Meksiko dan menyebar ke belahan dunia.

Peneliti menemukan bukti tersebut usai menganalisis inti lebih dari 100 situs di seluruh dunia dan membuat model digital dari gelombang mengerikan setelah dampak asteroid di Semenanjung Yucatan, Meksiko.

Baca juga: Bukti Tumbukan Asteroid yang Bunuh Dinosaurus Ditemukan di Bulan

"Tsunami itu cukup kuat untuk mengganggu dan mengikis sedimen di cekungan laut di belahan dunia," kata Molly Range, penulis utama studi dari University of Michigan.

Mengutip Live Science, Rabu (5/10/2022) untuk mempelajari lebih lanjut dari tsunami, peneliti kemudian menganalisis sedimen laut tepat sebelum atau setelah peristiwa kepunahan massal yang menandai akhir periode Kapur.

Peneliti menemukan energi awal dari dampak tsunami 30.000 kali lebih besar dari energi yang dikeluarkan tsunami yang terjadi Desember 2004 dan menewaskan lebih dari 230.000 orang.

Begitu asteroid menghantam Bumi, benda luar angkasa itu menciptakan kawah selebar 100 km dan mengeluarkan awan debu, serta jelaga yang padat ke atmosefer.

Lalu menurut simulasi, selang 2,5 menit setelahnya, material yang dikeluarkan mendorong dinding air keluar dan dengan cepat membuat gelombang setinggi 4,5 km yang kembali menghantam laut.

Namun 10 menit kemudian, gelombang tsunami setinggi 1,5 km sekitar 220 km dari lokasi tumbukan menyapu teluk ke segala arah.

Satu jam setelah tumbukan, tsunami telah meninggalkan Teluk Meksiko dan mengarah ke Atlantik Utara.

Video Pilihan Video Lainnya >