Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 28/09/2022, 20:02 WIB
Holy Kartika Nurwigati Sumartiningtyas

Penulis

KOMPAS.com - Di Bumi, kita akan melihat banyak bintang yang terlihat begitu kecil dan berkilau. Secara umum, kita mengetahui bahwa matahari adalah bintang terbesar, tetapi ternyata masih ada bintang paling besar di alam semesta.

Sejauh bintang-bintang berada, matahari dianggap sebagai bintang terbesar, tidak hanya bagi kehidupan di Bumi, tetapi juga ternyata telah mengkerdilkan bintang-bintang lainnya.

Apabila dilihat dari sudut pandang yang lebih luas, dengan memperkecil jarak ke galaksi di mana rumah kita berada, ternyata matahari tidak lagi tampak sebagai bintang raksasa.

Jika berbicara tentang massa atau volume total sebuah bintang, menurut Phil Massey, seorang astronom di Lowell Observatory in Flagstaff, Arizona, bintang-bintang bermassa berat seringkali secara fisik tampak biasa saja.

Dikutip dari Live Science, Sabtu (24/9/2022), semakin bertambahnya usia suatu bintang, maka bintang akan cenderung mengembangkan dan melepaskan massa. Massey mengibaratkannya orang yang paling tinggi, mungkin tubuhnya tidak terlalu berat.

Baca juga: Bintang-bintang Muda di Alam Semesta, Siap Diburu Teleskop James Webb

Jadi, apa bintang terbesar di alam semesta ini?

Dia mengungkapkan bahwa bintang paling besar di alam semesta ini, rekornya dipegang oleh bintang R136a1.

Bintang terbesar ini berada sekitar 160.000 tahun cahaya dari Bumi, tepatnya di Large Magellanic Cloud, sebuah galaksi kecil yang mengorbit pada galaksi Bima Sakti.

Bintang tersebut berdiameter 30 hingga 40 kali ukuran matahari kita. Sebagai perbandingan, ukuran bintang itu dengan matahari, seperti buah ceri yang diibaratkan adalah matahari kita dan bola yoga raksasa.

Massey mengungkapkan bahwa bintang paling besar di alam semesta ini relatif masih muda, diperkirakan berusia 1 juta tahun dibandingkan dengan matahari kita yang berusia 4,5 miliar tahun.

Baca juga: Bintang Pertama di Alam Semesta Miskin Logam, Astronom Temukan Buktinya

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com