Kompas.com - 28/09/2022, 20:02 WIB


KOMPAS.com - Di Bumi, kita akan melihat banyak bintang yang terlihat begitu kecil dan berkilau. Secara umum, kita mengetahui bahwa matahari adalah bintang terbesar, tetapi ternyata masih ada bintang paling besar di alam semesta.

Sejauh bintang-bintang berada, matahari dianggap sebagai bintang terbesar, tidak hanya bagi kehidupan di Bumi, tetapi juga ternyata telah mengkerdilkan bintang-bintang lainnya.

Apabila dilihat dari sudut pandang yang lebih luas, dengan memperkecil jarak ke galaksi di mana rumah kita berada, ternyata matahari tidak lagi tampak sebagai bintang raksasa.

Jika berbicara tentang massa atau volume total sebuah bintang, menurut Phil Massey, seorang astronom di Lowell Observatory in Flagstaff, Arizona, bintang-bintang bermassa berat seringkali secara fisik tampak biasa saja.

Dikutip dari Live Science, Sabtu (24/9/2022), semakin bertambahnya usia suatu bintang, maka bintang akan cenderung mengembangkan dan melepaskan massa. Massey mengibaratkannya orang yang paling tinggi, mungkin tubuhnya tidak terlalu berat.

Baca juga: Bintang-bintang Muda di Alam Semesta, Siap Diburu Teleskop James Webb

Jadi, apa bintang terbesar di alam semesta ini?

Dia mengungkapkan bahwa bintang paling besar di alam semesta ini, rekornya dipegang oleh bintang R136a1.

Bintang terbesar ini berada sekitar 160.000 tahun cahaya dari Bumi, tepatnya di Large Magellanic Cloud, sebuah galaksi kecil yang mengorbit pada galaksi Bima Sakti.

Bintang tersebut berdiameter 30 hingga 40 kali ukuran matahari kita. Sebagai perbandingan, ukuran bintang itu dengan matahari, seperti buah ceri yang diibaratkan adalah matahari kita dan bola yoga raksasa.

Massey mengungkapkan bahwa bintang paling besar di alam semesta ini relatif masih muda, diperkirakan berusia 1 juta tahun dibandingkan dengan matahari kita yang berusia 4,5 miliar tahun.

Baca juga: Bintang Pertama di Alam Semesta Miskin Logam, Astronom Temukan Buktinya

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.