Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Sinyal dari Bintang yang Jauh Tunjukan Planet Tersembunyi, Apa Itu?

Kompas.com - 13/10/2021, 20:03 WIB
Holy Kartika Nurwigati Sumartiningtyas

Penulis

Sumber PHYSORG


KOMPAS.com - Para ilmuwan menemukan ledakan bintang terjauh yang secara tak terduga memancarkan sinyal gelombang radio. Sinyal ini mengindikasikan keberadaan planet-planet tersembunyi.

Untuk mencari planet tersebut, Dr. Benjamin Pope dan timnya dari University of Queensland menggunakan teleskop radio paling kuat di dunia, Low Frequency Array (LOFAR) yang terletak di Belanda.

"Kami telah menemukan sinyal dari 19 bintang katai merah jauh, empat di antaranya paling baik dijelaskan oleh keberadaan planet yang mengorbitnya," kata Dr. Pope dilansir dari Phys, Selasa (12/10/2021).

Lebih lanjut Dr Pope mengatakan bahwa ia dan timnya telah lama mengetahui bahwa planet-planet di Tata Surya kita memancarkan gelombang radio yang kuat ketika medan magnetnya berinteraksi dengan angin matahari.

Akan tetapi sinyal radio dari planet-planet di luar Tata Surya kita belum terdeteksi.

Baca juga: Seperti Apa Bentuk Bintang di Langit Malam?

 

"Penemuan (sinyal bintang) ini merupakan langkah penting bagi astronomi radio dan berpotensi mengarah pada penemuan planet di seluruh galaksi," kata dia.

Sebelumnya, para astronom hanya mampu mendeteksi bintang-bintang terdekat dalam emisi radio yang stabil, dan segala sesuatu yang lain di langit radio adalah gas antarbintang, atau eksotika seperti lubang hitam.

Sekarang, para astronom radio dapat melihat bintang tua biasa ketika mereka melakukan pengamatan, dan dengan informasi itu, mereka dapat mencari planet apa pun yang mengelilingi bintang-bintang tersebut.

Tim astronom ini kemudian fokus pada bintang katai merah, yang jauh lebih kecil dari Matahari dan diketahui memiliki aktivitas magnet yang kuat yang mendorong suar bintang dan emisi radio.

Akan tetapi, beberapa bintang tua yang tidak aktif secara magnetis juga muncul, menantang pemahaman konvensional.

Baca juga: Bintang Unik Ini Meluncur Keluar dari Galaksi Bima Sakti

Halaman:
Sumber PHYSORG
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com