Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bintang Raksasa Merah Pollux Malam Ini Sejajar Bulan, Ini Penjelasannya

Kompas.com - 21/12/2021, 19:45 WIB
Ellyvon Pranita,
Holy Kartika Nurwigati Sumartiningtyas

Tim Redaksi


KOMPAS.com - Selain Solstis Desember, malam ini, Selasa (21/12/2021), juga ada fenomena konjungsi yang terjadi antara Bulan dan Pollux. Anda bisa memperhatikan saat konjungsi bulan dan bintang ini terjadi, bintang raksasa merah Pollux yang terang ini akan sejajar dengan Bulan.

Berdasarkan keterangan Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (LAPAN) Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN), bulan akan berkonjungsi dengan Pollux (Beta Geminorium) mulai malam ini hingga besok dini hari, 20-21 Desember 2021.

Meskipun konjungsi Bulan dan bintang Pollux ini sudah terjadi sejak pukul 15.55 WIB, 16.55 Wita, 17.55 WIT dengan sudut pisah 2,7° derajat. Tetapi, Anda dapat menyaksikannya sejak pukul 20.00 waktu setempat nanti malam.

"Fenomena ini dapat disaksikan dari arah timur laut hingga barat laut sejak pukul 20.00 waktu setempat hingga akhir fajar bahari (50 menit sebelum terbit Matahari) keesokan harinya (22/12/2021)," kata Andi kepada Kompas.com, Selasa (30/11/2021). 

Bintang Pollux bermagnitudo +1,15 dan Bulan memasuki fase benjol atau cembung akhir dengan iluminasi antara 94,5 persen?93,5 persen.

Baca juga: Besok Subuh, Ada Bintang Raksasa Merah Pollux Berkonjungsi dan Bulan

 

Mengenal bintang raksasa Pollux

Konjungsi bulan dan Bintang Pollux yang akan sejajar malam ini, merupakan bintang paling terang ke-17 setelah Spica dan terletak di konstelasi Gemini.  

Nama Pollux berasal dari mitologi Yunani yang artinya sepasang laki-laki kembar bernama Castor dan Pollux. 

Andi berkata bahwa kecerlangan visual bintang Pollux adalah sebesar +1,14 dengan kelas spectral K0III, sehingga digolongkan sebagai bintang raksasa merah

"Bintang Pollux adalah bintang paling terang pertama di langit malam yang memiliki sistem keplanetan seperti di tata surya," kata Andi.

Baca juga: Fenomena Langit Malam Ini, Konjungsi Bintang Raksasa Merah Pollux dan Bulan

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com