Kompas.com - 26/09/2022, 09:03 WIB

KOMPAS.com - Kota-kota Maya kuno di Mesoamerika yang menjadi bagian dari peradaban suku Maya, masih terus menjadi bahan studi yang menarik bagi para ahli.

Kini, satu lagi temuan menarik para peneliti.

Di bawah permukaan tanah, bahaya tak terduga ternyata mengintai di kota-kota kuno tersebut.

Baca juga: Apa yang Memicu Runtuhnya Peradaban Maya Kuno? Studi Baru Simpulkan

Dalam sebuah studi yang dipublikasikan di Frontiers in Environmental Science, peneliti menyimpulkan kota Maya kuno terkontaminasi merkuri.

Hal tersebut, seperti dikutip dari Phys, Minggu (25/9/2022) disebabkan oleh seringnya penggunaan merkuri dan produk yang mengandung merkuri oleh suku Maya pada Periode Klasik, berlangsung antara 250 hingga 1100 Masehi.

Kontaminasi itu sangat tinggi, sehingga bahkan hingga hari ini, kontaminasi menimbulkan potensi bahaya kesehatan bagi para arkeolog yang tak mengetahuinya.

Duncan Cook, penulis utama studi dari Australian Catholic University mengatakan, pencemaran merkuri di lingkungan biasanya ditemukan di daerah perkotaan kontemporer dan lanskap industri.

"Menemukan merkuri yang terkubur jauh di dalam tanah dan sedimen di kota-kota Maya kuno merupakan hal mengejutkan. Tapi penelitian mengungkap, bahwa suku Maya mengunakan merkuri selama berabad-abad," papar Cook.

Dalam studi ini untuk pertama kalinya, Cook beserta timnya meninjau semua data tentang konsentrasi merkuri di tanah dan sedimen di situs arkeologi Maya kuno.

Mereka menunjukkan, bahwa situs selama Periode Klasik terdapat polusi merkuri yang dapat terdeteksi, kecuali satu tempat saja yaitu Chan b'i.

Halaman:
Sumber PHYSORG


Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.