Kompas.com - 26/09/2022, 07:05 WIB

KOMPAS.com - Tumbukan asteroid bisa menjadi ancaman di masa depan. Seperti yang kita tahu, hal tersebut pernah terjadi 66 juta tahun lalu dan memusnahkan dinosaurus.

Untuk melindungi segala kemungkinan yang terjadi, para ilmuwan membangun wahana antariksa untuk menjalankan misi melindungi Bumi dari tumbukan asteroid.

Pekan depan, wahana antariksa bernama Dart tersebut bakal melakukan uji coba misi dengan menabrakkan diri ke asteroid Dimorphos. Tujuannya untuk membelokkan asteroid.

Baca juga: Kepunahan Dinosaurus Terjadi karena 2 Kali Tumbukan Asteroid Besar

Dikutip dari Independent, Minggu (25/9/2022) wahana yang dibangun NASA ini memang sengaja diatur untuk menabrak asteroid kecil Dimorphos sebagai bagian dari misi uji perlindungan planet.

Sementara asteroid Dimorphos sendiri, tak menimbulkan ancaman bagi Bumi.

Hanya saja, misi menabrakkan diri ini adalah untuk menunjukkan bahwa asteroid yang berbahaya dapat dibelokkan dengan sengaja melalui cara menabraknya.

Wahana antariksa yang dikenal dengan Double Asteroid Test (Dart) ini diperkirakan akan bertabrakan dengan asteroid selebar 170 meter, Selasa, (27/9/2022) pukul 00.14 waktu Inggris.

Dimorphos adalah bagian dari sistem asteroid biner dan mengorbit Didymos, yang memakan waktu sekitar 11 jam dan 55 menit.

Tetapi para astronom di NASA berharap bahwa Dart akan mempersingkat periode orbit ini sekitar 10 menit.

"Asteroid target Dart bukanlah ancaman bagi Bumi, tetapi merupakan tempat pengujian yang sempurna untuk melihat apakah metode defleksi asteroid akan menjadi cara yang layak untuk melindungi planet kita jika ada ancaman tabrakan dengan asteroid di masa depan," papar NASA.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.