Kompas.com - 25/09/2022, 18:11 WIB

KOMPAS.com - Banyak orang menganggap kuda poni sebagai anak kuda. Faktanya tidak demikian. Kuda poni adalah anggota dari keluarga kuda, mereka bukan anak kuda yang berusia muda.

Kuda poni bahkan telah digunakan sebagai hewan pekerja dan untuk membawa orang dewasa selama ribuan tahun.

Baca juga: Temuan Baru, Kuda Perang Abad Pertengahan Lebih Kecil dari Kuda Poni

Apa itu kuda poni?

Kuda poni adalah anggota dari keluarga kuda. Kuda poni umumnya memiliki tubuh yang lebih kekar daripada kuda, dengan kaki yang lebih pendek sebanding dengan bagian tubuh lainnya

Banyak jenis kuda poni dapat ditemukan di seluruh dunia, beberapa di antaranya yang terkenal adalah kuda poni Shetland, Welsh, dan Connemara.

Di alam liar, kuda poni sering tinggal di tanah yang keras dan tidak rata seperti tegalan dan ladang, di mana mereka dapat bertahan hidup dengan sedikit makanan.

Sama seperti kuda biasa, kuda poni ditampilkan dalam berbagai kelas, dan mereka juga dapat ditemukan bekerja di pertanian, membawa orang di ladang berburu, dan membawa gerobak dan kereta untuk rekreasi dan transportasi.

Baca juga: Kerangka Kuda Tanpa Kepala Ditemukan di Makam Abad Pertengahan

Ciri khas kuda poni

Kuda poni adalah jenis kuda yang memiliki sejumlah ciri khas, terutama ukurannya yang kecil. Umumnya kuda poni memiliki tinggi sekitar 147 sentimeter, meski ada sebagian jenis kuda poni lebih dari itu.

Selain memiliki tubuh yang lebih kecil, ada beberapa perbedaan fisik yang berbeda antara kuda dan kuda poni yang membuat keduanya mudah untuk dibedakan.

Kuda poni cenderung sangat kekar, dengan tulang tebal, dada lebar, dan kepala kecil.

Surai, ekor, dan bulu kuda poni seringkali lebih tebal daripada kuda biasa. Hal ini kemungkinan karena banyak ras kuda poni berevolusi di iklim yang lebih dingin, di mana lapisan insulasi yang tebal akan sangat penting.

Kuda poni juga sangat kuat untuk ukurannya, berkat tubuh berotot mereka. Kuda poni dewasa terkadang dapat menarik beban yang sama dengan kuda penarik, dan banyak kuda poni yang mampu membawa pengendara dewasa.

Kuda poni juga dikenal sangat tangguh dan toleran terhadap berbagai kondisi, termasuk suhu dingin yang ekstrem.

Selain itu, kuda poni juga terkenal sangat cerdas, dan terkadang agak keras kepala.

Baca juga: 24 Makam Kuno Berisi Kereta Kuda hingga Kepala Kuda Berlapis Emas Ditemukan di China

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.