Mengapa Bulan Kadang Terlihat Dekat, Kadang Terlihat Jauh?

21/09/2022, 17:00 WIB

Oleh: Silas Laycock

PADA malam-malam tertentu, Bulan tampak sangat dekat dan lebih besar dari biasanya.

Suatu malam musim panas ketika saya masih kecil, saya ingat saya menjadi bingung dan kemudian terkejut melihat bentuk bulat besar perlahan-lahan merayap di belakang rumah teman saya Nancy, yang berada di bukit di sisi lain desa kami.

Pada titik tertentu, saya tiba-tiba menyadari bahwa itu adalah Bulan, dan saya berlari sambil berteriak di taman untuk memberi tahu Ayah saya dan memintanya untuk datang dan melihat.

Benda itu lebih besar dari sebuah rumah, berwarna oranye tua dan tentu saja sangat penting. Ayah saya menggumamkan sesuatu tentang perspektif dan kembali berkebun atau bermain piano.

Merasa tidak yakin, saya terus mengamati Bulan. Kemudian, begitu Bulan telah naik lebih tinggi di langit, ia kembali terlihat seperti biasanya.

Baca juga: Planet Apa yang Memiliki Bulan Terbanyak di Tata Surya?

Tidak yakin, saya terus mengamati Bulan. Kemudian, begitu Bulan telah naik lebih tinggi di langit, ia kembali terlihat seperti biasanya.

Sulit dipercaya bahwa itu hanya ilusi ketika Bulan terlihat besar, tetapi itu benar. Kamu benar-benar dapat menguji ilusi itu sendiri dan bahkan menangkapnya dengan kamera.

Sebuah trik pikiran

Para astronom telah membahas ilusi Bulan selama berabad-abad, dan ada beberapa fakta yang mereka semua sepakati.

Orang-orang terutama memperhatikan Bulan tampak lebih besar dan lebih dekat saat purnama dan dekat cakrawala. Ini karena pikiranmu menilai seberapa besar atau kecil suatu objek seperti Bulan dengan membandingkannya dengan benda lain yang sudah dikenal.

Halaman:
 
Pilihan Untukmu


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.