Kompas.com - 21/09/2022, 07:03 WIB


KOMPAS.com - Gempa besar mengguncang Meksiko pada Senin (19/9/2022), dengan kekuatan magnitudo 7,6. Dibalik fenomena gempa Meksiko ini ada 4 fakta gempa Meksiko yang menarik untuk disimak.

Ternyata beberapa gempa kuat di negara ini juga terjadi pada tanggal yang sama, yakni 19 September.

Gempa Meksiko yang terjadi, Selasa (20/9/2022) pukul 01.03 WIB atau yang terjadi pada Senin (19/9/2022) pukul 13.03 berkekuatan M 7,6 dan menyebabkan tsunami kecil di kawasan pesisir.

Gempa bumi tektonik ini dilaporkan menewaskan dua orang di pelabuhan Pasifik Manzanillo, dilansir dari Reuters, Selasa (20/9/2022). Selain itu, sejumlah bangunan juga dilaporkan rusak di negara bagian barat Michoacan dekat pusat gempa.

Menurut Survei Geologi Amerika Serikat (USGS), gempa Meksiko berpusat di dekat pantai barat Meksiko dan dekat perbatasan Michoacan dengan negara bagian Colima.

Fakta gempa Meksiko 19 September

Gempa bumi di Meksiko ini relatif dangkal, dengan kekuatan M 7,6, gempa tektonik ini berpusat di kedalaman 15 Km, sehingga menyebabkan dampak kerusakan pada sejumlah bangunan di sekitarnya.

Gempa besar di Meksiko yang terjadi pada 19 September 2022 telah menyebabkan tsunami kecil. Dilaporkan Pusat Peringatan Tsunami Pasifik AS, gempa kuat ini menyebabkan tsunami di wilayah pesisir dengan kemungkinan gelombang tsunami setinggi 1 meter hingga 3 meter di atas permukaan air.

Baca juga: Gempa Terkini: 4 Fakta Gempa Salatiga yang Sudah Terjadi 7 Kali Susulan

Berikut ini beberapa fakta gempa Meksiko yang terjadi pada 19 September 2022.

1. Gempa besar Meksiko terjadi pada 19 September

Walikota Mexico City Claudia Sheinbaum mengatakan tidak ada laporan tentang kerusakan besar di ibu kota setelah gempa melanda, yang bergemuruh di Meksiko pada hari yang sama ketika gempa merusak melanda negara itu pada tahun 1985 dan 2017.

Plt Kepala Pusat Gempa Bumi dan Tsunami BMKG Daryono, saat dihubungi Kompas.com, Selasa (20/9/2022), fakta menarik gempa Meksiko ini, adalah beberapa gempa besar Meksiko tercatat terjadi pada tanggal yang sama.

Gempa Puebla dengan magnitudo 7,1 terjadi pada 19 September 2017. Gempa bumi tersebut menewaskan 350 orang.

Fakta gempa Meksiko lainnya yakni pada 37 tahun lalu, gempa Michoacan 19 September 1985 menjadi gempa yang disebut paling dahsyat yang pernah melanda Meksiko.

Gempa Meksiko 19 September 1985 menewaskan 10.000 orang dan menyebabkan kekacauan di Mexico City.

Kendati fakta gempa Meksiko dengan kekuatan lebih dari M 7,0 terjadi setiap tanggal 19 September, namun National Autonomous University of Mexico (UNAM) mengatakan bahwa tidak ada penjelasan ilmiah kenapa beberapa gempa Meksiko berkekuatan cukup besar terjadi pada tanggal yang sama, yakni 19 September di tahun 1985, 2017 dan 2022.

Baca juga: 4 Fakta Gempa Alaska, Pernah Terjadi hingga Picu Peringatan Tsunami

Halaman:
 
Pilihan Untukmu


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.