Kompas.com - 21/09/2022, 12:03 WIB

KOMPAS.com - Biawak termasuk dalam genus Varanus dan merupakan hewan karnivora yang memakan satwa liar yang ada dalam jangkauan mereka.

Di Asia, Afrika, dan sebagian wilayah Oseania, biawak ditemukan di berbagai habitat. Sebagian besar terestrial, tetapi beberapa spesies bisa semi-akuatik atau arboreal.

Baca juga: Mengenal Biawak Air, Hewan yang Berkeliaran Saat Banjir di Sangatta

Biawak berbahaya bagi manusia?

Biawak berbahaya bagi hewan yang mereka buru, tetapi apakah biawak juga berbahaya bagi manusia?

Umumnya, biawak tidak akan menyerang manusia, kecuali mereka merasa diprovokasi. Cakar mereka yang panjang, gigi yang tajam, dan tubuh yang kuat membuat mereka lebih berbahaya daripada jenis kadal lainnya.

Tetapi sebenarnya, sangat jarang biawak menjadi agresif terhadap manusia.

Sebagai catatan, saat Anda melihat biawak, jangan pernah mengejarnya atau membuatnya merasa terancam. Biawak kemungkinan akan menjadi defensif saat diserang.

Namun, mengutip a-z Animals, ada spekulasi yang menyebutkan bahwa biawak dapat menyerang manusia saat mereka lapar.

Hal ini berdasarkan kasus yang dilaporkan pada tahun 2018, di mana seorang pria diserang dan dibunuh oleh biawak peliharaannya.

Spesies biawak dewasa atau yang berukuran lebih besar memiliki gigitan yang kuat, dan bahkan dapat melukai Anda dengan cambukan ekor yang kuat.

Sementara, biawak dengan ukuran lebih kecil tidak terlalu berbahaya, tetapi masih dapat memberikan gigitan yang menyakitkan.

Baca juga: Bukan Komodo, Hewan di Video 9GAG adalah Biawak! Ini Beda Keduanya

Halaman:
 
Pilihan Untukmu


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.